Sunday, January 26, 2020


Berkunjung ke Blog, Tulis, Publish, Koment dan Follow.
Menyimak Hari ke 2
Minggu, 26 Januari 2020. Tepatnya pukul 20.00 wita.
       Saya menyiapkan gawai dengan batrai full guna menanti pemateri/moderator malam ini. Pemateri adalah seorang guru hebat dan luar biasa. Menginspirasi banyak orang, memotivasi dan penyabar dalam menjawab pertanyaan peserta. Beliau adalah bapak Dedi Dwitagama dan Om Jay tentunya. 
  Materi malam ini dalam grup masih seputaran blog. Mengingat anggota grup tingkat kemahiran dalam penggunaan blog berbeda-beda. Saya contohnya, punya blog tahun 2015, tetapi baru kali ini muncul lagi. Alhasil, pengetahuan yang memang pada saat awal  sangat kurang tentang blog ditambah dengan  tidak aktif dalam kurun waktu yang lama membuat saya mengulang dari awal. 
     Berangkat dari materi pertemuan awal yang kesimpulan adalah" inovasi lahir bukan karena keterpaksaan, melainkan inovasi lahir karena kebiasaan baik yang diulang-ulang sehingga melekat pada diri"
       Rupanya blog juga mengisyaratkan kepada kita untuk membiasakan diri menulis. Jangan tutup harimu sebelum menulis.
       Kembali ke materi malam ini tentang blog. Dengan bijak pak Dedi, Om Jay menjawab pertanyaan kami. Pertanyaan ...nuraini ahwan,..
  "Saya menulis di blog langsung dengan  gawai/hp, tetapi saya kesulitan mengirim langsung dari blog ke email"
Dengan bijak pak Dedi dan Om Jay menjawab bahwa  saya harus mengirim alamat postingan blog.
Pertanyaan ke dua saya,
Saya menulis di blog lalu saya publish. Sayangnya begitu saya buka tak ada komentar yang saya lihat. Ini artinya  tulisan saya tidak dibaca orang. Akhirnya saya berhenti menulis di blog: https://nurainiahwan.blogspot.com. 
   Jawaban dari pak Dedi selaku moderator adalah perbanyak memberikan komentar di blog teman atau kunjungi blog orang lain. Termasuk follow juga blognya orang lain.
    Sementara Om Jay memberikan motivasi teruslah menulis dan publikasikan.
    Banyak lagi pertanyaan -pertanyaan yang disampaikan pada kesempatan ini..Dengan santun dan sabar moderator menjawab dan memberikan semangat kepada peserta atau anggota grup yang kurang percaya diri. Merasa tulisannya kurang baguslah, bukan guru bahasa tapi punya keinginan untuk menulis dan lain-lain.
  Inti dari pembelajaran kali ini adalah...teruslah menulis, publikasikan tulisan, meskipun baru memulai. Tidak sedikit orang yang belum memiliki blog.

Berterima kasih mendapat ilmu malam ini.
Terima kasih pak Dedi Dwitagama
Om Jay
Bunda Sri.


8 comments:

  1. Replies
    1. Saya belum bisa masuk blognya bu guru cantik untuk komen. Tapi saya baca tulisan yg luar biasa lengkap dan kalimatnya mengalir..runtut . Mantapppp

      Delete
  2. And terima kasih. Jemak tiang buka blognya. Bobok dulu ya

    ReplyDelete
  3. Hmmmm..... Disini rupanya berugak baru taokne pade sangkep literasi.... Good.. gooood... Gooooodddf...

    ReplyDelete
  4. Memang kls ini bisa menghidupkan kmbali yg sudah mati suri..ya Bund.semangat 3x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap semangat sebagaimana semangatnya mbak rahma. Sy coba coba ikutan nulis ni

      Delete

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...