Friday, February 10, 2023

Ini Cara Sistematis Menyusun Buku

 Resume ke 15

Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI Gelombnag ke-28

Narasumber :  Yulius Roma Patandean.

Materi          : Menulis Buku Secara Sistematis

Moderator    : Arofiah Afifi

Hari/Tanggal : Jum'at, 10 Februari 2023

Bapak Yulius Roma Patandean, S.Pd, seorang  penulis dan editor profesional, dengan menyandang kelulusan ujian sertifikasi lewat skema Sertifikasi Penulisan Buku Non Fiksi.  Beliau didaulat oleh Dr. Wijaya Kusumah, untuk menjadi narasumber pada kegiatan KBMN PGRI Gelombang ke -28, pertemuan ke-15. Beliau   lahir di Salubarani, Tana Toraja, 6 Juli 1984. Masih muda, sudah punya segudang prestasi. 

Beliau menyelesaikan jenjang  S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Kristen Indonesia Toraja (2003-2007)  melanjutkan pendidikan S2 di Institut Agama Kristen Negeri Toraja. Saat ini bertugas sebagai  guru Bahasa Inggris di SMAN 5 Tana Toraja sejak tahun 2015

Pengalaman lainnya di bidang pendidikan adalah pernah menjadi pengajar tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja, Tutor Universitas Terbuka dan Fasilitator Belajar Yayasan Trampil Indonesia.

SegudangpPrestasi yang pernah diraihnya.  Guru berprestasi jenjang SMA Kabupaten Tana Toraja tahun 2016, pemenang ketiga lomba kreatifitas guru tingkat SMA pada Porseni PGRI Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2017, meraih dua medali emas dan tiga medali perunggu pada ajang Gurulympics PGRI tahun 2020

Ingin berkenalan  lebih jauh dengan narasumber, kita bisa blogwalking ke alamat beliau berikut ini, https://romadean.blogspot.com/2021/01/profil.html. Barang kali, ada yang akan ditanyakan terkait resume pemaparan beliau tentang materi ini. 

Didampingi secara maya oleh moderator cantik, Ibu Arofiah Afifi, beliau akan mengantarkan peserta untuk bisa menulis buku secara sistematis.

 "Saat-saat yang paling menakutkan dalam menulis adalah tepat ketika kamu belum memulainya."(Stephen King)

"Jika ditanya, 'Bagaimana kamu menulis? Saya akan menjawab, satu demi satu kata.' (Stefen King)

Tulis dan rangkai lah kata demi kata, kalimat demi kalimat hingga membentuk suatu kisah  panjang yang disebut suatu karya. Mulailah menulis dengan perlahan-lahan dan yakinlah karyamu akan berhasil. Demikian kalimat ungkapan pemantik semangat peserta dari Ibu Arofiah Afifi. 

Sebenarnya, ada aplikasi yang bisa digunakan agar tulisan naskah buku itu  bisa "sistematis". Ada "zotero dan mendeley" yang populer di kalangan mahasiswa dan akademisi. Dan saya meyakini teman-teman guru hebat yang ada di grup ini sudah pernah menggunakan aplikasi tersebut.

Mendeley adalah sebuah aplikasi, cara kerjanya mirip Ms.Word. Kita bisa mencobanya di https://www.mendeley.com/. Sedangkan untuk zetero bisa klik https://www.zetero.org/ 

Untuk menjelaskan materi ini, narasumber membantu peserta dengan cara berbagi link chanel youtube sesuai dengan isi materi. Berikut materi yang ada di chanel beliau, kita bisa klik, simak, pelajari dan praktekkan. Mudah bukan? Semoga kita bisa langsung praktek.

Cara membuat daftar isi, Kutipan, Indeks dan daftar pustaka otomatis dapat ditonton atau dipelajari pada link yotube milik narasumber:  https://youtu.be/eePQwyHAcjw. 

Cara membuat indeks pada tulisan berbentuk buku. https://youtu.be/mS8bfNZT-rA 

Cara membuat judul bab dan sub judul bab pada naskah secara otomatis: https://youtu.be/jXPr59aWJSc

Tentang  bagimana menemukan ebook agar bisa dimasukkan ke aplikasi Zotero dan Mendeley yang digunakan untuk agar tulisan buku sistematis caranya sangat adalah dengan masusuk ke pdfdrive. Di sana ada ribuan bahkan jutaan buku-buku online dengan versi Gratis untuk kita gunakan. Pdfdrive adalah perpustakaan portable saya. Ini linknya: https://www.pdfdrive.com/

Jika jurnal terkunci, maka kita harus mengikuti petunjuk/anjuran/aturan dari penerbit jurnal tersebut. karena biasanya berbayar, makanya tertutup. Nah, karena berbayar, kita bisa menggunakan yang gratis yakni ms.word.

Untuk menulis buku fiksi dan non fiksi, metode di Ms Word itu bisa gunakan. Langkah-langkahnya sama. Yang membedakan adalah pengisian indeks dan daftar pustakanya

Jangan khawatir, jika menulis di gawai, kita bisa menggunakan aplikasi menulis paling populer di android yakni  Wattpadd. Kita bisa mencobanya atau bisa juga mencoba Gramedia Writing Project, Writer Tools, Writer Plus, Novelist, dll.

Tulisan kita yang berupa resume dan sudah kita publish di blog bisa kita wujudkan menjadi sebuah buku.

Apakah termasuk plagiarism?  Tentu saja tidak jika tautan atau link blog tulisan  kita, sudah dicantumkan dalam buku yang kita terbitkan. 

Selamat mencoba, bersiap melahirkan mahkota seorang penulis yakni buku. 

Lombok, 10 Februari 2023

2 comments:

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...