Wednesday, February 8, 2023

Menulis Buku Non Fiksi

 Resume ke -14

Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang 28

Hari/Tanggal: Rabu, 8 Februari 2023

Narasumber : Musiin, M.Pd

Tema            : Konsep Buku Non Fiksi

Moderator    : Yandri Novita Sari, S.Pd

"Satu per satu berguguran ketika membuat resume, tapi yakinlah gurgur satu akan tumbuh seribu. Buat yang ketinggalan tetap semangat, masih ada waktu untuk menyusul. "

Kalimat di atas adalah kalimat yang dituliskan oleh Om Jay membuka kegiatan belajar menulis PGRI gelombang ke-28, Rabu, 8 Februari 2023 sebelum kelas di serahkan kepada moderator. Moderator cantik yang memandu acara adalah Yandri Novita Sari, S.Pd.   akan membersamai narasumber yang tak kalah cantik pula, Ibu Musiin, M.Pd. Materi yang akan disampaikan oleh narasumber yang sudah menelurkan buku mayor berjudul,"Literasi Digital Nusantara Meningkatkan Daya Saing Generasi Muda Melalui Literasi." bersama Prof.Richardus Eko Indrajid adalah Konsep Buku Non Fiksi.

Membaca curriculum vitae Ibu Musiin yang akrab dipanggil Bu Iin,  saya berdecak kagum dengan kegiatan beliau yang sangat banyak. Saya membaca ulang curriculum vitae beliau dengan teliti untuk menemukan apa yang membuat mempunyai prestasi melejit di bidang kepenulisan. Saat ini dipercaya menjadi narasumber pada kegiatan kelas belajar menulis nusantara.

Ketika saya mengulang membaca., mata saya terhenti pada tulisan hobi membaca dan menulis. Ini rupanya yang meyebabkan beliau mampu menelurkan buku mayor bersama Prof. Ekoji.  Saya teringat kata kalimat motivasi Om Jay," Jika ingin bisa menulis, maka banyaklah membaca."

Kalimat motivasi dari Bu Iin, membuat beliau mengalahkan tantangan menulis PGRI gelombang 8. Beliau yang merasa menjadi penulis pemula bahkan mungkin di bawah penulis pemula,. Bahkan saat itu beliau mempunyai blog yang menjadi persyaratan untuk publish tulisan, sementara teman dalam grup sudah punya blog bagus, resume bagus, selangkah lagi bisa menerbitkan buku. Itu yang menyemangati beliau saat itu.

Hasilnya, kini Bu Iin ada bersama peserta dalam kapasitas bukan peserta, tetapi menjadi narasumber. Tentu ini juga akan menyemangati peserta di kelas ini. 

"Is There a Book Inside You" (Musiin, M.Pd)
Kalimat penyemangat dari Ibu Iin.
Jawabannya,"Yes,yes,yes."

Kita tpasti punya pengalaman, ketrampilan dan pengetahuan yang tersimpan dalam diri bahkan tak terhitung berapa  ratus purnama semuanya tersimpan tanpa kita lahirkan. Apakah setelah belajar bersama, semua pengalaman, ketrampilan, pengetahuan akan kita biasrkan hilang sirna begitu saja? Jawabannya tentu saja, tidak!

Apa yang kita tulis, akan menjadi pengukir sejarah dan warisan untuk anak cucu. Salah satu genre tulisan adalah non fiksi. Untuk lebih jelasnya jika ingin menulis jenis non fiksi, berikut resume materi yang disampaikan oleh Ibu Musiin.M.Pd.





Adakah di antara peserta yang sudah memiliki buku non fiksi? Jika belum, yakinlah suatu saat akan bisa melahirkan buku non fiksi. Seperti Ibu Iin yang tak pernah bermimpi akan memiliki buku, apalagi buku mayor yang berkolaborasi dengan Prof. Eko Indarjid. Ternyata keraguan beliau terbantahkan. Pembuktian atas keraguan itu adalah lahirnya karya beliau. 

"Kalau kita berpikir secara opportunity Based, kita akan selalu yakin ada pintu di tengah tembok rintangan." ( Prof. Rhenaldi Kasali)

Hilangkan ketakutan dalam menulis, karena ketakutan itu akan merendahkan potensi untuk menulis. Jangan takut tulisan tidak dibaca orang, jangan takut salah dan jangan merasa tulisan orang lebih bagus.

Dalam penulisan buku non fiksi, ada 3 pola yang digunakan:
  1. Pola hierarkis (Buku disusun berdasarkan tahapan dari yang mudah ke yang sulit atau dari yang sederhana ke yang rumit). Contoh buku pelajaran
  2. Pola Prosedural (Buku disusun berdasarkan urutan proses). Contohnya buku panduan
  3. Buku Klaster (Buku disusun secara poin per poin atau butri per butir. Pola ini diterapkan pada buku-buku kumpulan tulisan atau kumpulan bab yang dalam hal ini antar bab setara)
Langkah menulis buku non fiksi:
Langkah Pertama
 Pratulis

1. Menentukan tema
2. Menemukan ide
3. Merencanakan jenis tulisan
4. Mengumpulkan bahan tulisan
5. Bertukar pikiran
6. Menyusun daftar
7. Meriset
8. Membuat Mind Mapping
9. Menyusun kerangka
Tema bisa ditentukan satu saja dalam sebuah buku. Tema dari buku nonfiksi adalah parenting, pendidikan, motivasi dll.

Untuk melanjutkan dari tema menjadi sebuah ide yang menarik, penulis bisa mendapatkan dari berbagai hal, contohnya 
1. Pengalaman pribadi
2. Pengalaman orang lain
3. Berita di media massa
4. Status Facebook/Twitter/Whatsapp/Instagram
5. Imajinasi
6. Mengamati lingkungan
7. Perenungan
8. Membaca buku
9. Survey
10. Wawancara



Referensi penulisan buku bisa dari sumber berikut ini.
1 . Pengetahuan yang diperoleh secara formal , nonformal , atau informal ;
2. Keterampilan yang diperoleh secara formal , nonformal , atau informal ;
3. Pengalaman yang diperoleh sejak balita hingga saat ini ;
4. Penemuan yang telah didapatkan.
5. Pemikiran yang telah direnungkan

Anotomi Buku Non Fiksi
1. Halaman Judul
2. Halaman Persembahan (OPSIONAL)
3. Halaman Daftar Isi
4. Halaman Kata Pengantar (OPSIONAL, minta kepada tokoh yang berpengaruh)
5. Halaman Prakata
6. Halaman Ucapan Terima Kasih (OPSIONAL)
7. Bagian /Bab
8. Halaman Lampiran (OPSIONAL)
9. Halaman Glosarium
10. Halaman Daftar Pustaka
11. Halaman Indeks
12. Halaman Tentang Penulis








Untuk mengetahui tulisan itu menarik/trending topik atau tidak maka kita bisa mengecek di Google Trends.


Jadi sebelum menulis, kita bisa mencari tahu melalui Google Trends.
Ingin bisa menulis buku non fiksi, ikuti langkah-langkah yang sudah dipaparkan oleh Ibu Iin, seperti dalam resume ini.

Lombok, 8 Februari 2023.




2 comments:

  1. Semoga materi bu Iin bisa jd penyemangat untuk terus menguatkan diri menulis resume ya, bun.. sehat2 selalu semuanya... Aamiin resumenya top markotop pokoknya..

    ReplyDelete

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...