Thursday, June 25, 2020

Belajar Ngeblog Bersama Dedi Dwitagama (Resume 21)

Resume 21 ( Lanjutan Gelombang 2)
Oleh Nuraini Ahwan

Menulislah setiap hari dengan sepenuh hati dan tidak asal jadi. Biarkan tulisan yang akan menemukan takdirnya sendiri. Cintailah kata agar ia juga mencintaimu. Membacalah agar mampu merangkai kalimat demi kalimat menjadi indah dan bermakna. 

Setiap hari banyak grup menulis yang saya ikuti, Satu di antaranya sudah terjadwal untuk menyetor tulisan setiap hari untuk membangun komitmen dan konsistensi untuk menulis. Lalu Grup menulis yang dibangun Bapak Wijaya Kusumah mempertemukan grup menulis gelombang  1 sampai gelombang  12 setiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Dalam 3  hari tersebut kesempatan untuk membuat resume lebih terbuka lagi. ( Sayang saya belum mengirim untuk beberapa resume, insyaallah rafel)

Hari ini, rabu 24 Juni 2020, kuliah online kami menyebutnya, diisi oleh nara sumber hebat yang pernah juga mengisi pada gelombang 2 yang saya ikuti yaitu bapak Dedi Dwitagama. Materi beliau adalah tentang blogspot atau wordpress. Blog beliau ada di http://dedidwitaga.wordpress.com. dengan moderator malam ini, Ibu Aam Nurhasanah dari Lebak Banten.

Blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang-orang sedunia. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.

Semenjak itu banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. Kami berharap semakin banyak guru membuat blog dan mengelolanya dengan baik.

Salah satu tips untuk konsisten dalam menulis adalah menulis saat ide itu muncul dimana pun berada. Seperti saat menunggu anak sekolah, sambil mendengarkan musik, menulis dengan menggunakan HP, tanpa diedit langsung ditayangkan.
Untuk memunculkan kalimat utama yang menarik perhatian, menulis langsung ide tulisan pada kalimat pertama dan dijabarkan dengan uraian yang diperlukan. Kalau bisa disertai dengan gambar atau video untuk lebih menarik. Tips untuk meningkatkan kualitas isi tulisan sebenarnya mudah, hanya  dengan usaha utuk sering menulis. 

Tulisan di blog tidak harus panjang-panjang. Tulisan  3 alinea dilengkapi dengan foto. Semakin sering dilakukan semakin pandai. Untuk foto dan video, bisa belajar dari blog "fotografer profesional dan chanel instagram maupun di cahnel youtube lalu praktekkan dah. 

Wordpres dan  kompasiana menyimpan  tulisan kita yang belum diterbitkan di folder draft, matangkan dan tayangkan  agar isi blog kita bertambah. Tulisan di blogspot dijadikan sebagai inspirasi, tulis lagi dengan perluasan dan bumbu agar lebih menarik, tayangkan di kompasiana. Blog seperti rumah kita sendiri, 
jadi boleh diedit sesuka kita.

Manfaat dari blog yang utama adalah mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan, atau apa saja yang bisa disampaikan secara lisan pada rapat-rapat atau yang tak bisa disampaikan pada siapa pun. Jadi tidak hanya dalam bentuk tulisan, bisa dalam bentuk foto atau video.
Kumpulan dari beberapa tulisan di blog bisa dikelompokkan sesuai dengan tema dan bisa menjadi sebuah buku. Tetapi, agar buku lebih menarik untuk dibaca perlu dikonsultasikan dengan editor atau pihak penerbit.

Kesimpulan pada  kuliah online malam ini adalah manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat buat orang lain, seperti peribahasa gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, dan manusia mati meninggalkan nama.
Menulis di blog sekarang bisa menggunakan handphone untuk mendokumentasikan apa saja yang terlintas, dan akan menikmati hasilnya di suatu hari kemudian.


Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.

Lombok, 24 Juni 2020
Hp 081805597038

28 comments:

  1. Keren dan mantap Bu tulisannya. Mengalir dan enak dibaca. 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih, masih harus terus berlatih.

      Delete
  2. kereen ibuk..yuk dokumentasikan semua kegiatan kita di blog

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Insyaallah, sebun, rabu dan jumat akan ada 2 tugas, resume dan ke.RVL bapak Much Khoiri.

      Delete
  4. Replies
    1. biar pembaca gak jenuh he he.....alasan karena lagi capek banget dan gak fokus nyimak

      Delete
  5. Waw sdh di 21...saya masih 11 bunda...sip resumenya.

    ReplyDelete
  6. Waw sdh di 21...saya masih 11 bunda...sip resumenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjutan gelombang 2, terhenti di resume 20 krn setiap hari kalau gelombang 2 jadi keteteran

      Delete
    2. Lanjutan gelombang 2, sampai 20 dulu. Keteterannkrn setiap hari.

      Delete
  7. Tidak mudah memupuk kepercayaan diri seperti yang Ibu bisa lakukan. Hebat, Bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulis saja, tidak malu malu. dibaca teman alhamdulillah jadi bonus buat saya, kalau tidak dibaca, ya...jalani saja dan nikmati proses. Begitu untuk motivasi diri saya "cikgudhani" Salam semangat literasi

      Delete
  8. Replies
    1. Terima kasih, nanti saya bertamu ke blognya gih

      Delete

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...