Thursday, June 22, 2023

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan. 

Dalam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung perubahan dan gotong royong di tingkat daerah, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Nusa Tenggara Barat  melaksanakan kegiatan Forum Pemangku Kepentingan (FPK) Program Sekolah Penggerak. FPK adalah kegiatan diskusi berkaitan dengan berbagai upaya peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan yang dapat dilakukan oleh pemangku kepentingan di masing-masing satuan pendidikan.

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan melaksanakan kegiatan ini  di lima kabupaten &kota pelaksana Program Sekolah Penggerak angkatan I dan II.  Kabupaten Lombok Barat menjadi salah atu kabupaten yang melaksanakan kegiatan ini di bawah kepanitiaan BPMP bekerjasama dengan bidang GTK.  Hadir dalam kegiatan FPK ini adalah pejabat/staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Barat, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan  2 orang guru dari masing-masing sekolah pelaksana Program Sekolah Penggerak. 
Kegiatan ini  berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 19 Juni-20 Juni 2023 di dua tempat yang berbeda.  SMP 1 Gerung dan SMA 1 Gerung merupakan tempat yang dipandang representatif sebagai tempat kegiatan. Dua hari kegiatan dan dua tempat ini dengan peserta yang berbeda. Jenjang paud, TK, SD dan SMP. Jenjang Paud, TK dan SD berbaur menjadi satu. . Setiap sekolah penggerak mengikuti kegiatan selama 1 hari. 

Apa yang menarik dari kegiatan ini?
Tentu banyak hal yang menarik. Mari kita intip mulai dari pembukaan kegiatan ini. 
Ada Quotes Of The Day...... dari dua sosok pejabat yang hadir pada pembukaan. Beliau adalah Kepala BPMP provinsi Nusa Tenggara Barat. dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat.  Beliau adalah Bapak Drs. H. M.Irfan, M.Pd dan  Bapak H. Nasrun, S.Pd., MM.
Quotes Of The Day dari pejabat dengan ciri khas berkumis tebal ini adalah memberikan motivasi kepada guru bahwa sejatinya guru bekerja ikhlas. Hendaknya seorang guru bisa seperti bunga yang tumbuh di tengah hutan atau dipinggir jalan. Bunga yang selalu menebar bau harumnya tanpa mengharapkan orang yang lewat atau mencium harum baunya akan mengucapkan terima kasih padanya. Bunga tak kan berhenti mengeluarkan bau harumnya meskipun orang yang lalu lalang tak perduli padanya. 

Bapak Kepala BPMP NTB memang pandai memotivasi dengan Quotes Of The Day nya....sehingga menyentuh hati dan membuat peserta tersenyum mengiayakan. Ketika beliau mengatakan. Guru harus bangga dan ikhlas menjadikan peserta didiknya sukses. Guru  tidak akan mengatakan bahwa,"pejabat itu ......adalah muridnya dulu." Guru juga  tidak menangis ketika namanya tidak disebut saat muridnya dilantik menjadi pejabat. Guru tidak akan menangis karena hal itu. Itulah guru yang ikhlas."
Itulah guru......
Andai saja ada guru yang menangis karena tidak disebut namanya saat anak didiknya sukses menjadi pejabat, bahkan Presiden seklaipun, maka akan banyak guru yang meraung-raung, menangis.....he he he.....

Quotes Of The Day...dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat tak kalah hebat. Quotes beliau membuat pikiran saya melayang,  ke keseharian guru di sekolah. Keseharian yang membuat mereka nyaman. Ehhh.....maaf bukan di sekolah saya, ya....atau bukan pula di sekolah pembaca. Mungkin di negeri entah berantah.
Keseharian yang membuat nyaman meskipun takaran nyamannya tersebut melanggar aturan seperti terlambat ke sekolah, pulang lebih awal, sering izin, ngobrol di ruang guru berlama-lama dan sejenisnya. Keseharian seperti ini menurutnya benar dan sah-sah saja karena sudah biasa bagi mereka. Apalagi jika tidak ada sanksi bagi mereka yang memiliki keseharian seperti ini.  Inilah yang menurut saya, orang yang termasuk dalam   quotes of the day Bapak Kepala Dinas,"Membenarkan Kebiasaan."

Bapak Kepala Dinas mengajak guru agar,"Jangan Membenarkan Kebiasaan tetapi Mari Membiasakan Kebenaran."
Silahkan pembaca memaknainya....

Quote Of The Day berikutnya adalah," Jadilah akar yang tetap mencari makan meskipun ia tak pernah di sebut. Akar tak pernah berhenti mencari makan meskipun orang tak pernah menyebutnya. Ketika pohon berbuah, tidak pernah orang menyebutknya,"buah akar." Namun yang disebut buah mangga, buah durian, buah jambu dan lainnya. 

Pembukaan FPK mampu memotivasi peserta yang berjumlah sekitar 50 orang untuk mengikuti kegiatan. Peserta FPK dibagi menjadi 2 kelas yakni kelas A dan B dengan didampingi oleh Fasilitator Sekolah Pengerak dan pendamping dari Dinas Dikbud kabupaten Lombok Barat.
FPK merupakan kegiatan yang diadakan sekali dalam setahun di penghujung pelaksanaan program Sekolah Penggerak. Nuansa kegiatan adalah berbagi praktek baik dari masing-masing satuan pendidikan. Refleksi dan berbagi praktek baik, rencana tindak lanjut  dan rekomendasi ke pihak pemerintah daerah.

Merefleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam satu tahun oleh masing-masing satuan pendidikan. Menemukan kekurangan dan kelebihan sebelum, selama dan setelah mengikuti program sekolah penggerak. Tentu beragam hasil refleksi dari masing-masing satuan pendidikan. Tidak ada komentar menyalahkan pada saat presentasi, tetapi masukan yang layak diberikan. Karena masing-masing sekolah merefleksi yang sudah mereka lakukan di sekolah sendiri bukan sekolah orang lain. Hal ini tentu akan beragam hasil refleksi meskipun fokus refleksi sama. 

Ada 3 fokus yang direfleksi yakni Implemetasi Kurikulum Merdeka, Perencanaan Berbasis Data dan Digitalisasi sekolah. Kesempatan diberikan secara bergilirian mempresntasikan tiap fokus oleh fasilitator. 
Lalu bagaimana dengan praktek baik?

Pada kesempatan saya mempresentasikan tentang praktek baik, saya memotivasi teman dengan mengatakan bahwa sekecil apapun yang sudah kita lakukan ke arah perubahan yang lebih baik, itu adalah praktek baik. Mungkin biasa bagi orang lain tetapi luar biasa bagi kita. Praktek baik atau biasa dikenal dengan istilah best practices,  pada kesempatan ini berbeda dengan best practices yang dilombakan. Praktek baik di sini seperti praktek baik pada kenaikan pangkat. Praktik baik yang tidak dibandingkan dengan praktek baik orang lain seperti pada lomba. Itu sebabnya saya mengatakan bahwa sekecil apapun perubahan ke arah yang lebih baik, itulah praktek baik. Sederhana bagi orang lain tetapi luar bisa dan tidak mudah bagi kita. 

Ada Quotes Of The Day pada Slide Praktek baik saya, 

Quotes Of The Day dari saya adalah,"Bertanyalah pada Orang yang Sudah Kembali." artinya jika kita bertanya pada orang yang sudah kembali dari perjalanan, tentu ia akan bercerita kepada kita tentang banyak hal yang sudah dilakukannya. Ia akan memberitahu kita mana jalan yang bagus, apa kendala di jalan, apa hambatan di jalan dan bagaimana mengatasi hambatan dan lain sebagainya sehinngga kita mudah mencapai tujuan yang sama dengan mereka.

Pembukaan di awali dengan Quotes Of The Day, tulisan saya akhiri dengan Quotes Of The Day



Kami sekolah penggerak kabupaten Lombok Barat
Berkomitmen Melaksanakan Program Sekolah Penggerak
Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan
Salam Merdeka Belajar

Lombok, 19 Juni 2023


12 comments:

  1. Bertanyalah pada orang yang sudah kembali..

    ReplyDelete
  2. Mantep,tulisan yg sangat menginspirasi ,sukses sll.

    ReplyDelete
  3. Salut luar biasa, sahabat hebat, selalu memberi warna indah untuk kemajuan pendidikan, suksesmu bahagiaku. 👍

    ReplyDelete
  4. Dari PSP kita dapat belajar banyak ilmu,(diens1969)

    ReplyDelete
  5. Mantaap..Kegiatan FPK kemrin memang luar biasa dan sangat memotivasi kita untuk terus berbenah menuju ke arah perubahan ysng lebih baik demi peningkatan mutu pendidikan.Sslam Merdeka Belajar!

    ReplyDelete
  6. Tanam sirih dekat pohon jarak
    Tumbuh sejajar tanpa bentangan
    Sungguh keren menjadi sekolah penggerak
    Banyak inovasi dan berbagai bimbingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Petang hari jagalah jarak
      Tancap perigi biarlah digilas
      Memang pasti sekolah penggerak
      Siap berbagi tulus dan ikhlas

      Delete
  7. Tempatnya di SMPN 4 Gerung dan SMPN 1 Gerung koreksi sekecet,Mantap and luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap diedit, artinya bapak sudah berkunjung ke blog tiang. Terima kasih banyak.

      Delete

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...