Monday, February 10, 2020

Mengejar Bintang

 Mengejar Bintang
Adalah sebuah sekolah yang terletak di salah satu desa di kecamatan Narmada kabupaten Lombok Barat. Desa yang di maksud adalah desa Dasan Tereng. Jika pembaca ingin bertandang ke sekolah itu, maka pembaca tidak kesulitan menemukannya. Sekolah itu berada kurang lebih 2 km dari pusat rekreasi taman Narmada. Jika pembaca berangkat dari arah barat,  sekolah ini bisa anda jumpai kisaran 3 km dari terminal terbesar di pulau Lombok yaitu terminal Mandalika.
   Sekolah yang dimaksud oleh penulis adalah Sekolah Dasar Negeri 1 Dasan Tereng. Sekolah ini lebih dikenal oleh warga sekolahya mulai dari kepala sekolah, guru , siswa dan warga sekolah lainnya dengan sebutan "Sdensa Santer Apik" Ada filosofi yabg terkandung dalam nama atau sebutan ini.
  Penjenamaan sekolah atau sebutan di atas sejalan dengan visi sekolah, "Beriman, Bertakwa, Berprestasi dan Berbudaya" 
  "Sdensa Santer Apik" adalah penjenamaan sekolah didasari atau dilatar belakangi oleh ciri khas, kebiasaan, budaya dan kekuatan yang melekat  pada warga SDN 1 Dasan Tereng.
Penjenamaan itu sendiri lebih familiar  dengan istilah branding sekolah.
Sdensa Santer Apik itu sendiri disamping merupakan sebuah singkatan, juga mengandung makna yang mendalam san menjiwai karakter warga sekolah.
Secara singkatan,
Sdensa= SDN satu
Santer = Dasan Tereng
Apik.  =  Aktif, partisipatif. Inovatif dan kreatif
Secara makna kata, kata santer berasal dari bahasa daerah sasak dan juga ada dalam kamus besar bahasa indonesia. Yang masing-masing punya makna. Santer dalam bahasa sasak artinya sangat, terlalu (dalam makna yang postif) sedangkan dalam KBBI kata santer artinya kencang, hebat, keras dan nyaring (lihat juga di jagokata.com)
Demikian juga dengan kata Apik yang menjiwai seluruh warga sekolah. Apik dalam bahasa sasak artinya pembersih, teliti, hati-hati, baik-baik. Bahasa jawa pun artinya tidak jauh berbeda dengan bahasa sasak. Sementara dalam bahasa Indonesia ,apik dalam KBBI artinya bersih dan bagus.
APIK singkatan dari aktif, partisipatif, inovatif dan kreatif adalah nilai karakter yang selama ini melekat pada warga sekolah. Penguatan pendidikan karakter yang dilaksanakan di SDN 1 Dasan Tereng melalui berbagai kegiatan pun mencerminkan branding Apik ini. 
Sekilas tentang kegiatan yang dilaksanakan di sekolah ini adalah pagi hari pada jam ke no (07.00 -07.30) sambut pagi dengan kegiatan literasi baca tulis guru dan siswa atau bisa sekolah ini menyebutnya dengan sebutan "libat guru dan siswa di 30 menit pertama". Kegiatan ini dirasakan sangat bermanfaat dalam mengasah kemampuan baca tulis siswa dibawah pendampingan guru kelas dan guru mapel mengambil anak adopsi (ingin tahu cerita anak adopsi, bisa berkunjung ke sekolah ini) 
Kegiatan berikutnya yang syarat dengan nilai karakter adalah kegiatan antri untuk masuk kelas. Kegiatan berbaris. Dalam pesan kepala sekolah' Ibu lebih bangga jika anak anak pandai antri, karena suka menyerobot barisan teman, itu indikasi suka mengambil hak orang lain dan dampaknya kitabtidak akan bisa tertib, rukun dan damai." Bersambung...ngantuk

3 comments:

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...