Sunday, March 22, 2020

Membangun Personal Branding melalui Blog


Belajar Menulis  Gelombang 2, Bersama Om Jay
Resume 5
Membangun Personal Branding Melalui Blog
Oleh Nuraini
Narasumber : Namin  AB Ibnu Solihin

Pertemuan ke-5, berlangsung, Sabtu, 1 Februari 2020 dengan narasumber yang memiliki segudang prestasi dan pengalaman dalam membagun personal branding melalui blog. Beliau  adalah seorang founder motivator pendidikan yang telah menginspirasi banyak orang  dalam menemukan passion untuk branding diri.

Sosok dimaksud adalah Bapak Namin AB Ibnu Solihin. Beliau berbagi pengalaman tentang cara membangun personal branding sebagai berikut:
1.    Lihat skill atau passion apa yang paling menonjol dari didi kita
2.  jika kita sudah benar-benar yakin dengan passion yang kita miliki, temukan bagaimana caranya agar orang mengenal kita
3.    Menulislah di blog atau di medsos tentang bidang itu/passion itu
Apabila ingin membangun personal branding, mulailah dengan branding diri sendiri dulu sedangkan yang lain-lain akan mengikuti. Misalnya sebagai seorang guru, dengan membuat branding diri sendiri dulu, lambat laun orang akan mengenal kita, sekolah kita dan lain sebagainya.
Pengalaman beliau dalam membangun branding juga beliau ceritakan pada pertemuan ini, Bapak Namin belajar selama 10 tahun pada bidang yang beliau sukai,  Apa  saja yang beliau lakukan/praktekkan saat mengajar, beliau tulis dalam blog. Dari tulisan-tulisan itulah orang mengenal beliau.

Sebagai guru usia milineal dengan ciri pribadi yang dinamis, semangatlah untuk menulis, tulis apa saja yang paling disukai, sering-sering blog walking bahkan belajar dari blog orang lain, lama kelamaan kita akan menemukan passion kita yang tepat,
Di akhir sesi bapak Namin  menyampaikan kepada peserta  cara menemukan passion kita:
1.  Passion itu adalah aktivistas yang paling  membuat kita semangat untuk melakukannya dan mebicarakannya 
2.    Kita mau melakukannya walaupun tidak di bayar
3.    Susah untuk berhenti meskipun disuruh.

Kalimat motivasi yang beliau berikan sangat menggugah keinginan saya untuk menulis. Kalimat motivasi yang saya maksud adalah” Jika saya tidak menulis, maka saya tidak dikenal orang dan tidak memberikan manfaat”
Saran beliau kepada peserta, “Fokus untuk mengembangkan  satu bidang yang benar-benar disukai, tidak usah berpikir  dulu untuk dikenal  dan dapat uang.”
Ini juga yang beliau lakukan pada awalnya, sehingga berkat konsistensi dan usaha beliau maka beliau bisa mengisi training  di berbagai tempat seiring dengan lounching website beliau www.motivatorpendidikan.com.

Semoga kita bila belajar dan menemukan personal branding kita yang tepat. Aamiin YRA
Terima kasih Bapak Namin AB Ibnu Solihin dan Bapak Wijaya Kusumah.

Peresume: Nuraini
Hp. 081805597038



1 comment:

  1. Mudah2n Kita memiliki branding sendiri dapat suskses sepeti beliu kayak dalamm tulian Ibu Nuraini ini, suskses selalu Ibu Nuraini.ahwan.[https://rachman.batur.id]

    ReplyDelete

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...