Saturday, March 7, 2020

Menyusun Bahan Ajar


Resume 20
Belajar Menulis Gelombang 2 bersama Om Jay
Membuat Buku Bahan Ajar  (Pebi Pebriadi, S.Kom.,M.M.,MT)
Oleh Nuraini Ahwan

          Alhamdulillah, belajar menulis gelombang 2, bersama bapak Wijaya Kusumah (Om Jay) sudah memasuki pertemuan ke 20. Pada pertemuan online kali ini, Om Jay yang menjadi moderator langsung pertemuan ini menghadirkan narasumber, seorang guru hebat yang saat ini mengajar di SMK Negeri 2 Tasik Malaya, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Beliau adalah bapak Pebi Pebriadi, S.Kom.,M.M.,M.T. Sangat muda, kelahiran 24 Februari 1982 di Tasikmalaya. Lengkapnya alamat beliau di Jl. Panayagan No. 18.,RT 01 RW 13, desa Singasari, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya 46412.

          Bapak Pebi (narasumber) menyampaikan materi tentang “Membuat Bahan Ajar “ dengan kalimat  motivasi kepada peserta bahwa membuat buku bahan ajar itu mudah.  Menurut narasumber, urutan penulisan bahan ajar itu sebagai berikut:
        1. Judul
        2. Peta Konsep
        3. Kompetensi Inti
        4. Kompetensi Dasar
        5. Tujuan
        6. Materi
        7. Rangkuman
        8. Uji kompetensi tulis (PG Min 10, Esay min 5)
        9. Uji Kompetensi Praktek
      10. Uji Kompetensi Semester
      11. Kunci Jawaban
      12. Daftar Pustaka
     Kisaran halaman untuk sebuah buku ajar sekitar 30 halaman. Untuk 30 halamnan ini bisa terdiri dari 1 KD.   Materi untuk buku ajar itu sendiri bisa berasal dari buku yang ditulis oleh orang lain atau referensi. . Sementara jika buku ajar yang akan kita buat belum memiliki KI, KD di SKL, Maka kita bisa membuatnya sendiri.
Yang membedakan LKS  dan buku ajar adalah kalau LKS murni teori tanpa praktek sedangkan buku ajar sebaliknya.

Narsumber memberikan tip agar buku ajar menarik, harus banyak praktek. Untuk desain buku bisa disusun sendiri atau dengan bantuan orang lain (desain)
Terima kasih Om Jay dan Bapak Pebi.

Peresume: Nuraini Ahwan
Hp. 081805597038


3 comments:

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...