Monday, March 9, 2020

Teknik Menyusun Resume


Resume 18.
Belajar Menulis Bersama Om Jay, Gelombang 2
Teknik Membuat Resume menurut Rosianafe
Oleh Nuraini Ahwan
Moderator: Bapak Wijaya Kusumah
Narasumber: Ibu Rosianafe

Meskipun penjelasan  materi tentang “Teknik Membuat Resume” baru saya terima menjelang berakhirnya pertemuan kelas online ini, saya tetap bersyukur dan berterima kasih kepada BapakWijaya Kusumah yang telah menghadirkan,  Ibu Rosianafe sebagai narasumber  pada pertemuan ini. Materi ini akan sangat bermanfaat untuk penyusunan resume berikutnya.
Narasumber, Ibu Rosianafe adalah peserta terbaik di gelombang 2, belajar menulis bersama Om Jay dan mendapatkan kejutan dari KSGN.

Narasumber berbagi pengalaman tentang bagaimana teknik beliau menyusun resume saat mengikuti kegiatan belajar menulis bersama Om Jay,  yang kita ketahui pembelajaran secara online via whatshap. Anggota grup dengan cepat memenuhi obrolan di whatshap ( klung..klung suara gawai pertanda pesan masuk).

          Lalu, bagaimana teknik agar resume cepat dan tepat?  Narasumber dalam ulasannya berbagi pengalaman sebagai berikut:  sebelum kelas online di mulai, persiapkan segala keperluan termasuk camilan dan singkirkan  hal-hal yang sekiranya mengganggu, kalau sudah siap, catat tanggal, narasumber dan tema.
          Ada dua cara narasumber menyampaikan materi.
1.      Materi disampaiakan  dengan tulisan dan
2.      Materi disampaikan  melalui pesan suara.
Jika narasumber menyampaikan melalui pesan suara, catat saja kata kuncinya, nanti tinggal disambungkan dengan kalimat sendiri .
 Jangan lupa menyiapkan baris kosong saat mencatat kata kunci  untuk melengkapi catatan.
          Catat informasi  setelah terdengar kata/frasa: pertama, kedua, ketiga, terutama atau khususnya, peningkatan besar, sebaiknya, selanjutnya, , akibatnya.
Agar tidak tertinggal materi, berusahalah menjadi pendengar yang baik supaya bisa mencatat dengan baik, memahami materi dan mengingat informasi dalam jangka  panjang.
         
Selanjutnya lakukanlah hal-hal sebagai berikut:
1.      Tulis ulang catatan sesegra mungkin.
2.    Gabungkan pokok-pokok pembicaraan dalam kalimat dirangkai menjadi paragraf runtut dan   padu, sesuai urutan kejadian.
3.      Gunakan kalimat sederhana.
4.  Bisa juga mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung jika kalimat itu bertujuan sama.
Jika narasumber menyampaikan materi melalui voice note, maka teknik yang bisa kita lakukan adalah:
1.     Gunakan 2 gawai/handphone, ( satu diantaranya sudah ada aplikasi writerplus.
2.    Aktifkan aplikasi writer plus sehingga bisa merekam suara/voice note nara sumber ( bisa     operasikan writer pplus tentunya).
3.    Writer plus bisa juga untuk merekam youtube
Narasumber memberikan motivasi kepada peserta, “Selalu ada jalan bagi orang yang mau belajar, meskipun tidak ada writer plus, kalau sudah terbiasa tulis tangan juga tidak masalah, yang penting enjoy dan tidak terbebani”
Segera membuat resume karena menunda-nunda membuat  beban stres semakin tinggi.
Terakhir Ibu Rosianafe memberikan Tip untukmembuat blog beliau menarik, beliau meyisipkan gambar dan video dalam blognya,

Peresume. Nuraini Ahwan
HP.081805597038


No comments:

Post a Comment

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...