Tuesday, April 21, 2020

Pembelajaran Dalam Jaringan di SDN 1 Dasan Tereng (Seri 5)

Oleh Nuraini Ahwan

Perpanjangan waktu belajar dari rumah bagi seluruh siswa masih terus dilakukan. Hal ini sebagai salah satu upaya pemerintah dalam pemutusan rantai penyebaran corora virus disease (covid 19). Pemberitaan yang dilansir salah satu televisi nasional, jumlah penularan dan wilayah penyebaran si covid terus meningkat. Ini mungkin yang menjadi penyebab perpanjangan waktu belajar dari rumah bagi siswa.

Dalam tulisan sebelumnya, penulis telah berbagi cerita tentang pembelajaran daring yang dilaksanakan di tempat penulis bertugas. Mulai dari bagaimana awal pelaksanaan daring dengan pembentukan grup wa kelas, type guru dalam grup kelas, cerita lucu, sedih dan senang dari anggota grup sampai kepada upaya peningkatan pelaksanaan teknik          daring.

Peningkatan pelaksanaan teknik daring dimaksudkan oleh penulis adalah pertama dengan meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan aplikasi yang mendukung atau yang bisa digunakan untuk pembelajaran daring ini. Dalam kaca mata penulis, garda terdepannya dari pembelajaran daring adalah guru. Oleh karena itu, guru ditingkatkan kemampuannya terlebih dahulu dan selanjutnya gurulah yang akan mengaplikasikannya lewat pembelajaran daringya bersama grup kelasnya. 

Bagaimana meningkatkan kemampuan guru? Ada social distancing dan psycal distancing?
Zooom cloud meeting dan goegle class room yang akan menjawab semuanya. Guru yang sudah mampu menggunakan aplikasi zoom cloud meeting di berikan pelatihan lagi untuk menggunakan aplikasi lainnya lagi. Aplikasi yang dimaksud adalah goegle formulir. 

Berdasarkan hasil bincang-bincang penulis dengan beberapa guru di tempat penulis bertugas tentang pelaksanaan pembelajaran daring, terutama tentang apa saja materi yang diberikan guru, bagaimana menilainya dan bagaimana membimbing siswa. Maka benar adanya, tugas  di berikan lewat wa grup berupa tugas meringkas dari halaman sekian sampai halaman sekian,membaca dengan mengirim rekaman membaca, membuat video untuk praktek tugas tertentu, mengerjakan tugas menjawab soal yang ada di buku tema atau menjawab soal yang di buat guru dan mengirim foto kegiatan mereka belajar di rumah. 

Tugas yang monoton memungkinkan muculnya kejenuhan pada siswa bahkan orang tua yang mendampingi. Oleh karena itu perlu membuat pembelajaran yang bervariasi dan menarik juga mengandung tantangan sekaligus bisa digunakan untuk menilai siswa. Tantangan itu berupa  soal yang di jawab secara online dengan penggunaan aplikasi goegle formulir. 

Ini merupakan tantangan baru bagi guru di tempat penulis bertugas. Di tempat lain goegle formulir bukan merupakan hal baru. Apalagi setingkat SMP, SMA dan perguruan tinggi. Ujian yang mereka lakukan menggunakan goegle formulir salah satunya. Sedangkan bagi guru, goegle formulir pernah kita temukan pada waktu mengerjakan soal UKG. Kita bisa melihat langsung nilai kita sendiri.

Goegle formulir yang dilatihkan kepada guru di tempat penulis bertugas ditujukan untuk pembuatan soal penilaian secara online. Ini dimaksudkan agar ada variasi dalam pelaksanaan daring . Berisi soal  tentang materi pelajaran yang sudah mereka pelajari di rumah, berisi teka teki, atau tebak tebakan, dan lainnya yang menarik.

Seru dan tertantang, 
Guru mengatakan,  ini hikmah di balik corona. Mereka bisa aplikasi ini dan siswa merasa senang menjawab soal karena nilai atau skor bisa mereka lihat langsung. 

Hasil survei tentang perasaan siswa setelah menjawab soal ini adalah " senang banget"
Pendapat oran tua" kita menjadi tambah pintar, bu guru"

Pembelajaran daring untuk anak sekolah dasar memerlukan pendampingan yang ekstra dari orang tua. Terlebih kelas awal. Kelas 1, 2 dan 3.  
Selamat berinovasi bapak dan ibu guru untuk membuat pembelajaran daring ini menjadi menarik. 

Penulis bisa dihubungi di 081805597038
Email.ahwan.nuraini69@gmail.com
Blog.https://nurainiahwan.blogspot.com.


3 comments:

  1. Tulisannya bisa dikembangkan jadi PTK.ini
    Lanjut Bu

    ReplyDelete
  2. Luar biasa bu Aini,hebat.semoga kita bisa milu-milu bawang. Dalam hal ini sy mau tertular ilmunya bukan sirona-rona

    ReplyDelete

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...