Saturday, May 16, 2020

Berburu Ilmu, Mendapat Berkah (Daring Seri 11)


Oleh Nuraini Ahwan.

Berniat berburu ilmu, maka, ketika ada informasi tentang Bimbingan teknis Pemanfaatan Google Form dalam Pengumpulan Data Pendidikan dan Pembelajaran Jarak Jauh, saya tidak berpikir panjang. Saya langsung daftar, apalagi melihat jumlah kuota peserta terbatas.   Alhamdulillah, rezeki tidak akan pernah tertukar. Niatan berburu ilmu pun terkabul. Masuklah saya menjadi peserta Bimtek ini.

Saya bergabung dalam   whatsAap grup 'Bimtek Pemanfaatan Google Form dalam Pengumpulan Data Pendidikan dan Pembelajaran Jarak Jauh."  yang digagas oleh panitia Bimtek. Sebagai penyelenggara adalah  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Nusa Tenggara Barat. Bimtek ini dipandu oleh  Bapak Musmuliadi dan Ibu Yuyun Sambodo. Beliau berdua sekaligus menjadi admin grup watshAap ini.

Kegiatan Bimtek dilaksanakan secara daring dengan pola tatap muka virtual melalui zoom dan materi, tugas melalui  grup whatsApp. Mulai dari tanggal 13 -27 April 2020. Kurun waktu tersebut, peserta mengikuti 3 kali vicon melalui zoom  meeting pada pukul 08.00-13.00 wita. Dalam ketiga kali vicon dengan  narasumber langsung adalah Bapak Musmuliadi dan hostnya Ibu Yuyun Sambodo. Materi vicon semuanya sangat bermanfaat dan sesuai dengan situasi sekarang ini, pandemi corona disease 19 yakni bagaimana melaksanakan Belajar Dari Rumah dan bagaimana memantau pelaksanaan BDR itu sendiri. Tentunya dengan menyiapkan instrumen yang mendukung pelakanaan BDR itu sendiri dengan memanfaatkan google formulir

Untuk memperdalam atau memperkuat pemahaman peserta tentang materi pembelajaran, narasumber menyiapkan waktu sore hari untuk berdiskusi melalui watshaap grup. Peserta boleh bertanya tentang materi yang belum dipahami melaluo chating di watshaap.

Video pembelajaran juga digunakan narasumber untuk memperjelas materi dan di sajikan antara lain di chanel youtube: https://youtu.be/mzOCYqbFpEQ atau chanel Mas Mus, 
https://youtu.be/CQa6RQx7NzU

Dalam setiap sesi vicon,  peserta diberikan tugas yang harus di selesaikan. Tugas terdiri dari 5 jenis selama pelaksanaan Bimtek . Tugas  dinilai langsung oleh narasumber. Sungguh bimtek daring yang luar biasa. Peserta memiliki raport sesuai dengan nilai dari setiap tugas yang dikumpulkan.

Bapak Musmuliadi, pria yang sedikit berkumis,  sangat ramah dan sabar menjawab pertanyaan peserta ini, biasa juga dipanggil Pak Mus, atau yang akrab juga dipanggil Amaq Mazaya, juga selalu mengakhiri pemberitahuan atau info lewat wa dengan kata tabek (permisi),  sangat mahir dalam membuat pembelajaran daring ini menyenangkan.  Peka dan mengetahui kebutuhan pengawas, kepala sekolah dan guru dalam situasi sekarang ini. Pembelajaran yang mampu mencegah terputusnya pendidikan anak bangsa di era pandemi covid 19 ini. Narasumber yang luar biasa,.

Di samping materi pelatihan yang sesuai kebutuhan dengan nara sumber yang tepat, saya juga tidak menyangka, bimtek ini akan dibuat seperti ini. Ada raport masing-masing peserta. Kalau sertifikat itu sudah biasa. Jadi, ada sedikit penyesalan di hati saya,  tidak maksimal dalam kegiatan ini. . Ini menjadi pelajaran sendiri buat saya. Bekerjalah dengan sungguh-sungguh, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi nanti. Menulislah setiap hari, lihatlah apa yang akan terjadi. (Ma.af amak mus, saat itu saya kurang fokus, tapi Alhamdulillah saya selalu mengikuti vicon, menonton video dari Pak Mus dan sudah diimplemtasikan di sekolah)

Keberuntungan masih berpihak pada saya. Saya dapat menyelesaikan semua tugas meskipun ada perbaikan di tugas 3. Saya dapat nilai dengan predikat baik.

Predikat baik dapat saya lihat dari raport yang saya dwonload dari link yang dibagikan oleh Bapak Musmuliadi, narasumber sekaligus admin grup. Sertifikat pun sudah bisa saya lihat dari link yang dibagikan pula atau dengan cara mengetik nomor handphone. Luar biasa kemampuan dari Bapak yang kesehariannya berdinas di LPMP NTB ini. Benar  dan tepat jika LPMP NTB, melayani sepenuh hati.

Saya merasakan manfaat yang luar biasa dari bimtek ini, sebagai kepala sekolah, saya bisa memafaatkan hasil ini untuk memantau pelaksanaan belajar dari rumah. Guru-guru di tenpat saya bertugas sudah mengadakan ulangan online dengan menggunakan aplikasi yang sudah saya peroleh dalam bmtek ini. 

Sore tadi, 16 Mei 2020,  handphone saya berbunyi, pertanda ada pemberitahuan. Kali ini pemberitahuan tentang ada pulsa masuk dengan nominal lumayan besar. Saya belum pernah membeli atau mengisi pulsa sebesar ini. Nilainya Rp 300.000. Saya tidak tahu siapa yang mengirim pulsa kepada saya. Saya berpikir, siapa pun yang mengirim saya mengucapkan terima kasih, semoga dibalas dengan kebaikan, rezeki yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Selepas membaca pemberitahuan pulsa masuk, saya membuka grup whatsAap 'grup, saya membaca chating satu persatu, ternyata pulsa yang masuk ke handphone saya berasal dari LPMP NTB melalui panitia Bimtek Google Form tahap 1 ( GF 1).

Jadi, tidak sebatas raport dan sertifikat yang membuat saya senang dan bangga,  tetapi  LPMP NTB, memberikan bonus pulsa kepada setiap peserta sebesar Rp 300.000. Peserta yang mampu bertahan dari kurang lebih 150 peserta menjadi 82 peserta sampai di akhir kegiatan. Saya termasuk berada di antara 82 peserta.

Alhamdulillah, semula berniat berburu ilmu, tak pernah berpikir sertifikat, ternyata Allah SWT melalui LPMP NTB sebagai penyelenggara memberikan rezeki dobel kepada saya "sertifikat dan bonus pulsa"

Terima kasih Bapak Kepala LPMP NTB (Bapak Mohamad Mustari, Ph.D,    Bapak Musmuliadi dan Ibu Yuyun Sambodo" semoga semua yang Bapak dan Ibu lakukan di bulan suci ini tercatat sebagai amal ibadah di sisi Allah SWT. Aamiin YRA.

Semoga LPMP NTB semakin jaya dan sukses. Harapan ke depan kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan meskipun wabah ini sudah berlalu. Ini adalah salah satu langkah mengatasi guru yang ketar-ketir, gelagapan ketika awal mulai BDR, akibat IT yang kurang. Setelah GF 1,  ini ada kemajuan atau perubahan yang terjadi khususnya di tempat saya bertugas (khususnya tentang IT)

Lombok. 16 Mei 2020
Nuraini, S.Pd
https://nurainiahwan.blogspot.com

11 comments:

  1. Luar biasa, ternyata terbukti , hasil tak akan mengkhianati usaha, tetap Semangaat

    ReplyDelete
  2. Tidak pernah berhenti untuk belajar dan selalu semangat belajar
    Hebat dan mantul ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Grup RVL selalu bikin tantangan sehingga semangat bersama dirimu sayang, yg muda yang berkarya.

      Delete
  3. Sambil menyelam ...bunda ndak haus nih ya ha ha. Mantap bunda semangat terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat tua...menulis dikit dikit biar ada yang diingat dinda

      Delete
  4. Smoga kegiatan semacam ini perlu dilanjutkan dgn membagi kuota perkabupaten perjenjang ya layaknya pelatihan konfensional... Suksea LPMp NTB.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin YRA. Sukses buat LPMP NTB dan kita semua.

      Delete
  5. Luar biasa, pengetahuan,rapor,sertifikat,bonus pulsa, bonus teman juga bertambah banyak,pokokx mantaapp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Top markotop....LPMP NTB the Best, Pak Musmuliadi dan Mbak Yuyun...luar biasa, melayani sepenuh hati.

      Delete

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...