Thursday, May 21, 2020

Indonesia Terserah (Pagah dan Pengkong)

Pagah dan Pengkong (Keras hati dan Tak Mau Menurut)

Oleh Nuraini Ahwan

Membaca postingan di media sosial, menonton video di media sosial, media televisi dan membaca di media massa, segala perasaan berkecamuk dalam hati. Bahkan ketika melihat langsung di lingkungan sekitar tak kalah membuat hati kesal, gemas, dan kecewa. Namun ada pula peristiwa yang sangat menyentuh hati, ada rasa bangga, ada yang membuat hati sedih di masa pandemi covid 19 sekarang ini.

Postingan yang berisi curahan  hati para tenaga medis yang berdiri di garda terdepan menyelamatkan nyawa manusia membuat saya merasa besedih. Mereka rela tidak berkumpul bersama keluarga disaat orang lain bisa berbuka bersama, sholat bersama keluarga di rumah. Mereka hanya bisa melepas rindu sama keluarga hanya dengan  menatap keluarga dari layar handphone.
Rasa bangga pada tenaga medis, yang rela berkorban  untuk menyelamatkan jiwa raga orang lain tanpa berpikir tentang keselamatan jiwa ragaya sendiri

Saya menonton video mereka yang saat itu, melepas pakaian yang berapa lapis banyaknya, lalu tidur terlentang di atas aspal di jalanan sepi di daerah perkampungan. Rupanya mereka baru saja selesai pemakanan jenazah covid 19 sesuai SOP yang sudah ditetapkan. Tampak mereka terengah-engah dengan keringat mengalir di sekujur tubuhnya. Ketika diwawancara, suaranya terbata-bata karena capek. Ada rona gembira yang luar biasa ketika seragam layaknya astronot itu mereka lepaskan. Andai saja pakaian itu bisa cepat bisa dilepas seterusnya seiring dengan berlalunya civid 19, mereka pasti akam merasa bahagia yang  tak terhingga.

Postingan para pemerhati nasib para medis,  membuat saya merasa bangga dan salut atas perbuatan baik mereka. Seperti yang pernah saya tulis dalam tulisan saya yang sebelumnya. Seorang pemilik home stay"Aksara' di Mojokerto yang menjadikan home stay miliknya untuk tempat menginap bagi tenaga medis yang menangani pasien covid 19. Tidak sedikit, 20 kamar untuk penginapan dan beliau menanggung semua biaya makan minum mereka alias gratis semua. Sungguh kebaikan yang luar biasa.

Pemandangan yang membuat hati lega, ketika masyarakat mau mengikuti protokol kesehatan yang dibuat oleh pemerintah. Keluar rumah menggunakan masker, tersedianya fasilitas umum seperti tempat cuci tangan, tidak berada di tempat keramaian, dan tidak keluar rumah kalau tidak untuk keperluan yang sangat penting (diam di rumah).

Tapi tidak semua demikian, sepanjang perjalanan yang saya lalui beberapa hari yang lalu, saya masih melihat hal yang sebaliknya terjadi. Himbauan pemerintah tidak diindahkan.  Himbauan pemerintah melalui media sosial, media massa dan himbauan langsung dari perpanjangan tangan pemerintah seakan tak didengar. Pusat pertokoan  terutama toko pakaian penuh sesak berjubal. Seakan Idul Fitri tak akan tiba jika tidak mengenakan pakaian baru. Penjaja takjil sampai tak terlihat oleh kerumunan pemburu takjil di sore hari.

Mau kita katakan mereka un education, tidak juga, mau kita katakan mereka tidak memiliki handphone Android, untuk melihat dan mencermati himbauan pemerintah,  juga belum tentu.  Mau mengatakan mereka gaptek sehingga tidak bisa mengoperasikan handphone juga tidak, mau mengatakan mereka tidak beruang juga belum tentu. Kita lihat saja, kerumunan anak muda, mereka memakai sepeda motor bagus, tidak menggunakan masker yang dengan santai duduk berkerumun, seolah tak ada bahaya yang mengancamnya. Kita lihat yang berkerumun di pusat pertokoan, mol , transmart, tentunya mereka memiliki kemampuan secara ekonomi. Tetapi tidak juga mengindahkan himbauan pemerintah.

Inilah dalam bahasa sasak disebut pagah, pengkong (keras hati, tidak mau mendengar dan menurut). Awas.... kena dengan lagu Rhoma Irama, *buta tuli*. he he.


Timbul penyesalan dan khawatir saya secara personal, akan kesia-siaan usaha yang dilakukan selama 3 bulan ini, jika masih banyak yang terus tidak mengindahkan himbauan pemerintah ini. Apakah kita akan kembali dari awal? Cukuplah waktu ini, yang terasa terlalu lama. (pendapat personal)

Ketika jemari tangan saya menggesek layar handphone turun naik, saya melihat satu postingan. Postingan itu pasti kita hafal siapa dia. Seorang berpakaian astronot memegang sebuah poster bertuliskan "Indonesia Terserah"
Apakah makna di balik kata "Indonesia Terserah?"


Menurut hemat saya, makna yang terselubung dibalik kata "Indonesia Terserah" adalah silahkan lakukan apa maumu, yang menurutmu benar, jika memang tidak mengikuti anjuran pemerintah itu benar, silahkan saja, akibatnya tanggung sendiri. Saya tidak peduli. Bukankah pemerintah sudah mengingatkan? Demikian juga sebaliknya. 

Apakah karena ungkapan kekecewaan mereka kepada pemerintah yang sepertinya tidak tegas menegakkan kebijakan atau aturan terkait protokol kesehatan yang sudah ditetapkan terkait Covid 19?  Pusat keramaian masih saja dibuka. 
Apakah kekecewaan kepada  masyarakat yang seakan tidak peduli dengan pandemi covid 19 ini? Tidak mengindahkan himbauan pemerintah alias pagah dan pengkong.

Bagaimana kalau seandainya, tenaga medis sudah tak mau lagi menangani pasien covid 19, sementara pagah, pengkong tetap saja melekat pada diri? Apa yang akan terjadi?
Mari, jangan sampai kalimat yang terpampang dalam poster ini menjadi benar adanya.Kasihan mereka juga manusia biasa, punya perasaan capek, lelah, pun punya keluarga yang menanti mereka di rumah. 
Oleh karena itu, mari patuhi himbauan   pemerintah, agar covid 19 cepat berlalu.

Terlebih saat ini, pusat pertokoan seperti mol transmart dll ditutup total sejak 20 Mei 2020 sampai waktu yang tidak ditentukan,  Pemegang kebijakan sudah tegas terhadap edaran yang dikeluarkan. Tidak perlu khawatir, yang penting ikuti aturan atau himbauan pemerintah tentang protokol kesehatan. Jangan pagah dan pengkong (keras hati, tak mau mendengar dan  tak mau menurut).  Insyaallah kita selamat.


Lombok, 21 Mei 2020.
Tulisan semata-mata pendapat personal, Jika salah mohon saran, bukan untuk dipermasalahkan.


3 comments:

  1. Ulasan yang menarik. Ternyata blogger Nuraini luar biasa. Potensi ini lama dikandung di NTB dan baru muncul ke permukaan Januari 2020, atau saya keliru? Salam Literasi dari Tana Timor

    ReplyDelete
  2. waduh, saya jadi tersanjung ni, belum apa -apa dibanding dengan kiprah pak Roni, tetapi gak apa-apalah yang penting tetap semangat menulis......tapi Pak Roni sih gak tetap gak terkejar heeeee jauh NTT. Tanah yang ku rindukan keindahannya.

    ReplyDelete

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...