Sunday, June 28, 2020

Aplikasi Zoom Cloud Meeting, Pengobat Rindu ( Daring Seri 43)

Oleh Nuraini Ahwan

Sahabat literasi, setiap  memulai tulisan  saya tidak lupa mengutip kalimat inspirasi dari tulisan Bapak bloger ternama (Bapak Wijaya Kusumah), Pelopor Penggiat Literasi Nusantara (Bunda Sri Sugiastuti), Bapak Much Khoiri (Dosen Unesa), dan Bapak Ngainun Naim ( Dosen IAIN Tulungagung)," Menulislah setiap hari, Buktikan apa yang akan terjadi. Menulislah dengan sepenuh Hati. Biarkan tulisan yang akan menemukan takdirnya sendiri. Cintailah kata agar ia mencintaimu. Ikatlah ilmu dengan tulisan dan membacalah agar mampu merangkai kalimat demi kalimat menjadi indah dan bermakna.

Sahabat literasi di manapun berada, Kalimat di atas saya tulis untuk memotivasi diri dan sahabat literasi,  untuk memperkuat  komitmen diri agar berusaha menyisihkan sedikit waktu untuk menyapa huruf, merangkai kata menjadi kalimat dalam bentuk tulisan yang bermakna.

Sahabat literasi, Ahad malam, 28  Juni 2020, Bapak Wijaya Kusumah  melalui whatsaap grup menulis bersama Om Jay gelombang 2 membagi tautan untuk bergabung atau Join Our Cloud HD Video Meeting berikut meeting  ID dan passwordnya. Dengan clik tautan tersebut lansung joss bisa bergabung dan bertemu dengan sahabat literasi dari selurung Indonesia. 

Zoom Cloud Meeting, pengobat rindu. Ada saja ide dari Bapak bloger ternama ( Om Jay)   untuk mempertemukan anggota grup meskipun melalui dunia maya. Bertemulah kami dengan anggota grup. Satu persatu saling menyapa, saling beradu tatap meski hanya melalui layar lattop atau handphone. Saling melempar senyum, saling da dahhh seperti kita sudah bertemu saja di dunia nyata. 

Saling berkunjung di blog tanpa saling bertemu. Saling sapa melalui tulisan tanpa pernah mendengar suara. Saling senyum sumringah saat membaca komentar dalam blog tanpa pernah melihat wajah wajah yang sedang tersenyum manis itu. Keakraban seakan mewarnai pertemuan virtual ini. Kegiatan yang sangat tepat sebagai bentuk memperkuat tali silaturrahmi dan sebagai bentuk pembelajaran jarak jauh bagi para pencinta literasi dengan teknik daring. 

Dalam kegiatan yang dirancang oleh om jay, Zoom cloud meeting yang sudah 2 kali dilaksanakan seingat saya.  Benar-benar bisa mengurangi rasa rindu kepada sahabat literasi dalam group. Bisa menghilangkan rasa penasaran anggota kepada wajah yang empunya nomor handphone atau pemilik blog.

Ada moderator, Ibu Aam dari Lebak Banten dan ibu Fatimah dari Aceh.  Dan Ada Cakinin dari Lamongan (Jadi rindu juga sama soto Lamongan).  Ada juga Pak Bambang, sosok penanda tangan sertifikat peserta. Dan banyak lagi peserta lainnya yang tak bisa saya tuliskan satu persatu.

Sahabat literasi, Bu Aam dari Lebak Banten, suaranta ternyata renyah serrenyah tulisannya dan saya boleh  menebak kalau bu Aam pribadi yang lincah dan ramah. Selincah saat memberikan pertayaan dan ucapan terima kasihnya pada Om Jay atas semua motivasi yang telah diberikan Om Jay.

Laain Bu Aam, lain pula bu Fatimah dari  Aceh, Serambi Mekah. Boleh saya tebak ya, Bu Faimah pribadi yang kuat, semangat, gesit dan lincah. Suaranya juga sangat lantang, menunjukkan semangatnya. Motivasi yang kuat diberikan kepada peserta. Beliau berada pada gelombang 8 dan kini sudah menulis banyak sekali dalam blognya ( maaf saya lupa jumlahnya). Akan segera menerbitkan buku. Bisa menyalip saya yang berada di gelombang 2 tapi masih stagnasi di resume ke 21. Tentunya ucapan selamat buat ibu moderator ya, Ibu Fatimah.

Sahabat literasi, menerbitkan tulisan boleh melalui penerbit andi, boleh juga melalui penerbit indi. Kalu bisa lolos di penerbit andi, sangat beruntung karena seluruh biaya di tanggung penerbit. Berbeda dengan penerbit indi. Terpenting adalah buku bisa terbit, ada menjadi catatan sejarah bahwa kita pernah berada dalamgrup sahabat literasi yang luar biasa. 

Zoom cluod meeting telah mempertemukan para sahabat literasi untuk saling memotivasi sekaligus  pengobat rindu dan penasaran dengan anggota grup. 

Salam kenal buat semua
Lombok, 28 Juni 2020


12 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih om jay, maaf tulisan masih berantakan

      Delete
  2. Replies
    1. masih belajar terus, terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  3. Luar biasa,. sosial media mempertemukan kita semua

    ReplyDelete
  4. Bunda udah ngalir klo nulis...
    Semangatnya bunda menyemangatiku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah setor, plong rasanya, masalah tata bahasa dan rekan rekannya urusan belakang. Biar di komentar perbaikan oleh teman di grup

      Delete

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...