Tuesday, August 11, 2020

Awali Pagi dengan Menyapa

 





Senyum Sumringah Kebun Sekolah.

Oleh Nuraini Ahwan.

Mengawali pagi ini dengan melihat, dampak  dari turunnya hujan kemarin sore. Tanaman sayur tampak sumringah, gembira dan bahagia. Dahaganya yang telah lama dirasakan kini sudah terobati. Hijau, segar dengan tanah disekelilingnya tak lagi berwarna putih akibat debu. Tapi yakin dan percaya tanah di sekelilingmu tak kan  dibiarkan memutih warnanya. Narmada kota air, air awet muda akan selalu mengerti kebutuhanmu.

Ikut merasakan bahagiamu saja hari ini.
Kalimat syukur terucap dari kami segenap pendidik melihat jerih payah menata lahan yang tadinya gersang hanya ditumbuhi tanaman liar, kini berubah menjadi lahan bernilai ganda. Menjadi taman yang indah menyejukkan pandangan. Menjadi lahan yang hasilnya bisa dinikmati untuk konsumsi guru di sela-sela rehat mereka atau dibawa pulang untuk konsumsi di rumah.

Tak rugi rasanya jika sebelum melaksanakan tugas pagi atau kegiatan pagi, menyapa tanaman merupakan aktivitas rutin. Siram-siram, menyabut tanaman liar atau memungut dedaunan yang jatuh menimpamu. Karena ada tumbuhan besar yang tumbuh menaungimu tentunya tumbuhan besar itu tak mengerti bahwa daunnya akan mengganggumu.

Ada kebahagian tersendiri telah mampu membuatkan tempat subur untukmu tumbuh. Jika mengenang atau mengingat seperti apa dulu tempatmu yang sekarang ini. Berbatu, tandus, berdebu dan merana.
Selamat dan terima kasih teman teman yang selalu tidak keberatan jika diajak untuk berbuat sesuatu yang bernilai lebih setiap harinya. Meskipun kecil. Mungkin kurang berarti bagi sebagian orang tapi setidaknya ada nilai baik  yang tertanam dari yang kita lakukan.

Lombok, 11 Agustus 2020
Di sekolahku, Sdensa Santer Apik.

No comments:

Post a Comment

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...