Thursday, September 10, 2020

Ide Bisa Muncul Dari Tulisan Orang Lain

 Oleh Nuraini Ahwan. 

Assalamu'alaikum...

Ustadzah, ini hadiah dari saya Dra. Lilis Ika Herpianti Sutikno, SH. Hadiah menulis resume pada materi diklat menulis bersama Om Jay pada tanggal 29 Juli 2020. Ustadzah salah satu pemenangnya.

Mohon di terima yaa...

Salam Inspirasi. Ibu Guru Cantik. Guru Inspirasi NTT. Bunda Lilis Sutikno. Kupang - NTT.

Untain kalimat di atas merupakan kalimat ucapan Bunda Lilis kepada peserta komunitas menulis bersama Om Jay. Peserta yang berhak mendapat kenang-kenangan dari narasumber kala itu adalah peserta yang membuat resume tercepat dan dishare di fb milik narasumber, Bunda Lilis Ika Herpianti Sutikno. 

Saya salah satu dari peserta yang mendapat kenang-kenangan dari Bunda Lilis. Bahagia pun mengisi relung hati saya saat itu. Bukan saja karena akan mendapat kenang-kenangan dari narasumber tetapi karena tugas membuat resume malam itu bisa terselesaikan sehingga tidak menjadi hutang tulisan.

Lebih satu bulan menanti, akhirnya malam ini, penantian terjawab sudah. Lewat whatshaap milik Bunda Lilis, saya membaca kutipan kalimat di atas. Tak sabar ingin membaca buku yang ada dalam bungkusan bertuliskan nama penerima  pada sampul pembungkus. Nama saya ada dalam deretan ketiga nama penerima.

Untaian kalimat bunda Lilis akhirnya menjadi ide tulisan saya malam ini. Awalnya saya mendekati kebuntuan ide, tetapi ternyata tidak salah apa yang dikatakan para suhu, para penulis hebat, para senior bahwa ide tersebar di mana-mana. Contohnya saat ini, tulisan Bunda Lilis dalah whatsaap  menjadi sumber ide tulisan saya.

Bunda Lilis, sosok penulis yang memberi perhatian besar pada pergerakan literasi. Menyemangati, mendorong dan memfasilitasi para penulis pemula. Seperti itulah gambaran sekilas yang saya lihat dari sosok guru desa yang penuh karya ini. Berdiri dalam  gerakan literasi bersama Agupena NTT. 

Penghargaan-demi penghargaan yang beliau terima membuatnya makin berkibar menjadi pegiat literasi. Arti sebuah penghargaan terutama bagi penulis pemula berpengaruh besar terhadap semangat, kemauan dan kepercayaan diri sangat beliau perhatikan. 

"Jadilah pribadi yang bermanfaat bagi orang lain." seperti itu salah satu kalimat motivasi yang dapat saya kutip dari tulisan beliau

Terima kasih bunda Lilis, atas hadiahnya.

Lombok, 10 September 2020

10 comments:

  1. Kebuntuan ide tetap sering melanda bunda...

    Selamat dpt hadiah dr bunda lilis

    ReplyDelete
  2. Seharian ini sibuk sekali. Sampai saya terlupa belum menulis untuk anda hari ini. Laporan kegiatan penelitian desertasi sudah menanti. Perlu relaksasi agar pesannya mudah dipahami dewan penguji. Itulah dahsyatnya kekuatan kata-kata ini. Terkadang perlu waktu untuk menuliskan cerita ini supaya menginspirasi.

    Dahsyatnya kekuatan kata boleh anda coba. Talenta anda dalam merangkai kata akan teruji karenanya. Saya sendiri sudah merasakan dahsyatnya kekuatan kata. Oleh karena itu saya menulis setiap hari untuk merangkai kata yang bermakna. Dari menulis setiap hari, saya mulai mengumpulkan mantra. "Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi".

    Kekuatan kata lebih tajam daripada sebutir peluru. Dahsyatnya kekuatan kata saya dapatkan ilmunya dari motivator sugesti power Aris Ahmad Jaya. Anda perlu mengumpulkan 4 kekuatan manusia. Pertama kekuatan Pikiran, kedua kekuatan perasaan, ketiga kekuatan perbuatan, dan keempat kekuatan perkataan. Bila anda bisa memadukannya dalam merangkai kata, maka hasilnya sangat dahsyat luar biasa. https://www.kompasiana.com/wijayalabs/5f5a2de8097f3675055be7a3/dahsyatnya-kekuatan-kata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih om jaya telah berkenan membuatkan prakata untuk calon buku saya. Ya OmJay, saya akan ingat
      1. kekuatan Pikiran.
      2. Kekuatan perasaan
      3. Kekuatan Perbuatan
      4. Kekuatan Perkataan

      Delete
  3. Ide tulisannya bagus buu..
    Selamat yaa, sukses selalu.

    ReplyDelete
  4. Ide tulisannya bagus buu..
    Selamat yaa, sukses selalu.

    ReplyDelete
  5. Toppp bngettt..mnggugah jiwa..slm literasi

    ReplyDelete

Kegiatan Akhir Tahun di SDN 1 Dasan Tereng

Beragam kegiatan yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan untuk mengakhiri masa pembelajaran setiap tahunnya. Kegiatan ini sepertinya merupa...