Wednesday, September 16, 2020

Mempersiapkan Tatap Muka Dengan Penuh Harap

 *Sabar Menantimu Di sini*

  Oleh Nuraini Ahwan



Selasa, 19 September 2020, sekolah kami kedatangan tamu dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat. Kali ini bergabung 2 Kepala Bidang yakni Kepala Bidang Pendidikan Dasar  Bapak H. Muzapir M.Pd dan Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Bapak Haji Sujai, M.Pd.

Pada kesempatan ini, Dinas Pendidikan menggandeng unsur  Dinas Kesehatan sesuai dengan tujuan kedatangan beliau ke sekolah kami yakni memverifikasi kesiapan sekolah dalam rangka pembukaan pembelajaran tatap muka pada masa tatanan baru atau kebiasaan baru atau masa new normal. 

Kehadiran tamu dari 2 instansi ini sudah kami nanti-nanti dari sebelumnya dengan berbagai persiapan terkait  dengan bukti fisik sesuai dengan instrumen yang telah kami terima sebelumnya.  Banyak sekali yang harus dilakukan dan disiapkan dalam rangka pembukaan sekolah ini. Berlelah-lelah, berkeringat, kerja dan kerja guna memenuhi komponen yang tertera pada instrumen. Waktu, tenaga, biaya dan pikirian memang sangat memegang peran penting dalam persiapan ini. Oleh karenanya tak penting jika bertanya apakah capek, lelah, berat hati atau kata kata sejenisnya. 

Terpenting ini adalah usaha atau upaya  bagaimana menyiapkan sekolah yang layak  dan aman dalam pembelajaran tatap muka di saat kita sudah lalui masa -masa sulit akibat pandemi covid 19. Di sampaing itu menepis  kesan kurang tepat dari segelintir orang yang menganggap bahwa pendidik saat ini enak diam tanpa aktifitas mendapat hak berupa gaji alias menerima gaji buta. (Ini pendapat pribadi yang didengar dari beberapa sumber yangbtak diketahui identitasnya he he)

Banyak hal yang muncul ketika sudah memulai. Sehingga yang kita lakukan banyak yang keluar  dari rel rencana yang tertuang dalam rencana kerja. Tetapi karena merupakan hal yang penting dan harus ada maka tidak mungkin tidak dikerjakan. Di sini perlunya memutar otak agar semua bisa  tersentuh, terlaksana dan selesai.

Kami sambut tim dengan lega hati meskipun terlambat , Tanpa harus duduk di ruangan, rombongan tim verifikasi langsung mengecek kesiapan  sekolah sesuai instrumen. Memeriksa dari ujung ke ujung hingga berakhir dengan diskusi, mendengar masukan dari tim verifikas dan mendengar pula tanggapan atau penjelasan dari kepala sekolah di ruang kepala sekolah. 

Diskusi berlamgsung dengan hangat, membahas hasil verifikasi. Ada beberapa hal yang harus kami lengkapi. Secara umum hasilnya bagus, semua komponen lengkap. Hanya saja keputusan pembukaan sekolah harus menunggu keputusan dari pemegang kebijakan yakni  Kepala Daerah. Tim akan menyampaikan hasil verifikasi kepada Kepala Daerah. Kami diminta bersabar menunggu. Masih banyak juga yang menjadi pertimbangan antara lain kondisi wilayah di sekitar wilayah sekolah terkait dengan zona merah atau orange.

Dokumen yang di bawa oleh tim antara lain SOP pembelajaran tatap muka di masa pembiasaan baru, dokumen verifikas berikut lampiran dan isian kesiapan sekolah yang diunggah di laman dapodik.

Lampiran dokumen verifikasi berupa berita acara rapat wali murid dengan daftar hadirnya, fakta integritas bermaterai dari wali murid, jadwal belajar, pembagian kelompok belajar, denah ruang belajar, prosedur pemeriksaan kesehatan atau prosedur pemantauan kesehatan warga satuan pendidikan dll.

Alhamdulillah, selesai dan rasa lega mewarnai semua warga satuan pendidikan, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan. Pengawas yang turut hadir (Hj. Mahdarihpinetri) menemani sampai akhir. Di tuttup dengan acara makan bakso bersama. 

Sabar menunggumu di sini, wahai generasi penerus bangsa,  generasi emas bangsa ini.

Salam sehat untuk kita

Lombok, 15 September 2020

4 comments:

  1. Semoga niat baik dan usaha maksimal yg dilakukan mjd amal ibadah Bu,👍👍 untukmu💪

    ReplyDelete
  2. Semoga semua sehat ya bun. Dimudahkan semua urusannya

    ReplyDelete

Kegiatan Akhir Tahun di SDN 1 Dasan Tereng

Beragam kegiatan yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan untuk mengakhiri masa pembelajaran setiap tahunnya. Kegiatan ini sepertinya merupa...