Thursday, September 3, 2020

Menentukan Judul dari Tulisan Berseri

 Oleh Nuraini Ahwan


Memilih judul yang nyundul ternyata tidak gampang. Membaca seluruh isi naskah juga belum tentu menghasilkan gambaran tentang judul yang diharapkan. Apalagi menentukan judul untuk tulisan yang terdiri dari beberapa sub judul. Seperti tulisan dalam blog yang ditulis dalam bebrapa seri. Mungkin ini tidak sulit bagi penulis handal atau penulis sekaliber para penulis buku best seller. Tapi bagi saya, menentukan judul sepertinya saya harus bertapa brata atau mencari keheningan tersendiri untuk menentukan judul.

Kali ini, saya mengambil handphone dan membuka aplikasi catatan untuk membuat draf judul yang tepat. Saya memanfaatkan istilah freewriting , tulis cepat sebelum ide hilang. Pastinya ide tentang judul tulisan saya dalam beberapa seri di blog.
Saat ini, saya benar-benar terjerat pada lingkaran setan kebuntuan, seperti yang dikatakan oleh narasumber pada kelas belajar menulis bersama Om Jay.
Saya masih mencari celah keluar dari lingkaran setan kebuntuan ini. Semoga freewriting akan menjawab semuanya. Menulis beberapa calon judul, memilah dan memilih  judul yang tepat meskipun nanti tak nyundul-nyundul amat.
 
Judul bagi saya sangatlah penting artinya. Jika judul menarik perhatian calon  pembaca, maka akan tergeraklah hari calon pembaca untuk memiliki buku tersebut. Meskipun ada yang mengatakan jangan melihat buku dari covernya tetapi bagi saya judul adalah pandangan pertama. Kesan pertama ada pada pandangan pertama

Begitu saat saya sekolah sampai saya bekerja saat ini, membuat sesuatu yang menarik dari luar yakni dari pertama yang insyaAllah akan mendapat nilai plus. Jika  dari awal sudah senang atau bernilai plus maka InsyaAllah pula selanjutnya senanglah atau baiklah yang akan mengikutinya. Jika pun di dalam kurang maka kekurangan itu akan ditutupi oleh kelebihan yang di awal. Bukan berarti membohongi lho..... 

Membuat judul tidaklah mudah bagi saya
Merenung, membaca dan menyimpulkan isi dari setiap sub judul tulisan membuat kepala saya sedikit cenat-cenut. Hingga membuat penyelesaian dari tulisan menjadi sebuah buku tidak cepat tuntas.  Harus bersabar dan butuh bantuan teman.

Ataukah judul akan saya ambil darii salah satu sub judul ya?

Lombok, 3 September 2020



2 comments:

  1. Semangat bun...
    Ide membuat judul bisa muncul setelah jadi sebuah tulisan
    Dibaca lagi tulisannya, akhirnya muncul juga judulnya

    ReplyDelete
  2. Cari artikel yg banyak peminta dan mengundang pembaca

    ReplyDelete

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...