Sunday, October 4, 2020

Polisi Merakyat, Dicintai Rakyat.

Oleh Nuraini Ahwan

Bripka Erwin Hadi, Babinkamtibmas  Desa Dasan Tereng kecamatan Narmada, secara tiba-tiba  hadir,  pagi 3 Oktober 2020 di SDN 1 Dasan Tereng. Kehadiran beliau di sekolah kami, merupakan kehadiran yang pertama. Mengingat beliau baru menjabat Babinkamtibmas di wilayah desa Dasan Tereng kecamatan Narmada.   Jabatan sebelumnya, beliau bertugas di Sabara Polres Kota Mataram

Kehadiran beliau disambut hangat oleh  rekan guru yang saat itu sedang berada di halaman sekolah dan sebagian lagi berada di sisi jalan raya dengan aktivitas rutin bersih-bersih sekolah. 

Saya menyebut saja nama beliau dalam tulisan ini supaya lebih akrab dengan panggilan Bripka Erwin. Semoga ini tidak menjadi kesalahan di dunia kepolisian. 

Bripka Erwin menyapa saya dengan ramah begitu beliau turun dari sepeda  motor khas yang digunakan oleh semua Babinkamtibmas. Sepeda motor yang dibagian belakang bertuliskan "POLISI." Selepas membuka helm, beliau mendekati saya yang kebetulan sedang berdiri paling dekat dengan tenpat beliau memarkirkan sepeda motornya. Lalu memperkenalkan diri dengan menyebut siapa diri beliau, tugas dan maksud kehadirannya. Sedangkan nama saya membaca pada tulisan  yang tertera di atas saku sebelah kanan. "Erwin"

Terjadi perbincangan sedikit seputar anak-anak sekolah. Tidak harus berbincang dalam ruangan dan duduk di kursi untuk perkenalan ini. Tetapi berdiri di pinggir jalan juga bisa dilakukan untuk.mengakrabkan diri. Bukan karena kami tidak sopan sebagai tuan rumah tetapi rupanya Bripka Erwin sosok polisi yang ramah, supel dan sangat memahami kesibukan kami pagi itu.

Perkenalan pun tidak panjang lebar namun perbincangan tetap berlanjut sambil melanjutkan aktivitas bersih-bersih.  Bripka Erwin, rupanya juga sudah terbiasa mengerjakan pekerjaan  seperti ini di rumah sehingga nampak tidak canggung-canggung ikut bergabung bersama kami. Beliau langsung mengambil sapu yang saya pegang. Beliau menggantikan saya menyapu dan bergabung dengan teman guru lainnya. 

Wah..... pasti bahagia sekali ya, pendamping hidupnya Bripka Erwin punya pasangan rajin seperti ini  he he he.....

Tak hanya menyapu, beliau tak merasa berat ketika ikut bersama guru mengangkat sampah yang sudah numpuk dan memasukkannya ke dalam karung. Kebetulan kehadiran beliau ke sekolah dalam rangka memantau salah satu kegiatan kantor desa Dasan Tereng yakni penjemputan sampah ke semua rumah warga desa Dasan Tereng termasuk ke sekolah kami.

Penjemputan sampah rumah tangga dan sampah di sekolah dilakukan oleh pihak kantor desa setiap hari Selasa dan Jumat. Ini sudah dilakukan sejak almarhum Kepala Desa Dasan Tereng masih ada,  Bapak Dedi.  Sosok kepala desa luar biasa, membaur bersama masyarkat dan sangat dicintai warga desanya, Sehingga ketika beliau wafat beberapa bulan yang lalu, masyarakat desa Dasan Tereng merasa berduka dan seakan berkabung desa saat itu. Pengantar jenazah mengalahkan ramainya pesta rakyat. 

Bripka Erwin melanjutkan kegiatan memantau penjemputan sampah ke dusun-dusun di wilayah Dasan Tereng. Beliau pamit kepada saya. Saya mengatakan,"Silaturrahmi memperpanjang usia." Maksud ibu apa? Jawab bapak 3 orang anak ini. 

Lalu saya sedikit mengatakan, gambaranya begini. Silaturrahmi memperpanjang usia artinya seperti apa yang dilakukan oleh kepala desa Dasan Tereng. Beliau rajin silaturrahmi ke warganya, membantu warga, bekerja turun tangan saat warga bekerja. ikut bekerja saat sekolah kami bergotong royong. Cepat tanggap saat warga sakit dan banyak lagi perbuatan baik lainnya. Jadi nama baik ditinggalkan. Meskipun beliau meninggal, tetapi namanya masih dikenang dengan semua perbuatan baik yang sudah dilakukannya semasa hidup. Itu makna panjang usia menurut saya. Usia nama bukan usia umur. 

Sebulum meningggalkan sekolah, beliau juga sempat menyaksikan seorang guru yang melakukan kegiatan cuci tangan pakai sabun (CTPS) di air mengalir yang disiapkan oleh sekolah untuk jumlah yang melebihi ratio jumlah siswa seperti yang  ditetapkan oleh SKB 4 Menteri terkait protokol kesehatan covid 19. Dilanjutkan dengan beliau juga ikut melakuakn kegiatan cuci tangan di tempat yang sama .

Terima kasih Bapak Bripka Erwin Hadi, Semoga menjadi polisi yang dicintai rakyat.


Lombok, 3 Oktober 2020




No comments:

Post a Comment

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...