Monday, April 26, 2021

Jika Laporan Penelitian Tindakan Kelas Ditolak, Lakukan Saran Ini

Oleh Nuraini Ahwan

Sahabat,... 

Beberapa waktu yang lalu, saya sudah menulis tentang penelitian tindakan kelas. Mengapa penelitian tindakan kelas ditolak oleh penilai angka kredit jabatan guru.. Penolakan tidak sembarang  penolakan tentunya.  Laporan penelitian tindakan kelas para guru ditolak tentunya berdasarkan panduan yang ada pada buku 5.

Buku 5 menjadi pegangan penilai  penetapan angka kredit jabatan guru. Buku ini tepatnya merupakan pedoman penilaian kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan guna mendukung pengembangan profesi guru pembelajar. Buku ini berisi pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. 

Kembali ke judul tulisan ini,  apa saran bagi  laporan penelitian tindakan kelas yang ditolak? 

Kita perhatikan terlebih dahulu tentang laporan penelitian tindakan kelas atau laporan PTK. Laporan PTK termasuk dalam publikasi ilmiah yakni publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan. Sederetan yang termasuk dalam bagian publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif ini adalah laporan PTK, tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah populer dan artikel ilmiah. 

Dalam buku 5, dibahas tentang pokok-pokok penilaian dan alasan penolakan termasuk alasan penolakan laporan penelitian tindakan kelas. Di samping  alasan penolakan, buku ini menjelaskan juga saran yang harus dilakukan oleh pengusul angka kredit jabatan guru agar laporan PTK yang diajukan kembali bisa lolos penilaian. Apakah harus memperbaiki, melengkapi atau membuat laporan penelitian yang baru. 

Jadi jika sahabat ingin lolos penilaian tanpa harus perbaikan, maka sebaiknya sahabat membaca buku ini. 

Sahabat yang belum membaca buku 5, pada tulisan sebelumnya, saya menulis tentang alasan penolakan. Kali ini saya akan berbagi kepada para sahabat saran untuk setiap alasan penolakan laporan penelitian tindakan kelas. Ada 5 alasan penolakan dengan saran yang dapat disarikan menjadi saran untuk membuat publikasi ilmiah yang baru atau memperbaiki, memperbaiki dan melengkapi lampiran-lampirannya,  atau saran segera melakukan seminar. 

Mari kita simak, laporan yang bagaimana yang ditolak dan diganti dengan publikasi ilmiah yang baru, membuat publikasi ilmiah baru atau memperbaiki laporan yang sudah ada, atau laporan yang bagaimana yang disarankan untuk diperbaiki dengan melengkapi lampiran - lampirannya dan laporan yang bagaimana yang diminta untuk dilakukan seminar. Kita akan bahas satu persatu. 

Jika laporan para sahabat dinyatakan sebagai laporan PTK, namun tidak jelas apa, bagaimana dan mengapa kegiatan tindakan dilakukan, juga tidak jelas bagaimana peran hasil evaluasi dan refleksi pada penentuan siklus-siklus berikutnya, pengusul dupak, disarankan untuk membuat publikasi ilmiah  baru, yang berisi atau mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan yang sesuai dengan tugas para sahabat. 

Jika laporan penelitian para sahabat dinyatakan sebagai laporan PTK, namun apa yang dijelaskan dalam laporan itu seperti pembelajaran biasa, tidak ada pembaharuan, tahapan dalam siklus seperti pembelajaran biasa, maka para sahabat diminta membuat publikasi ilmiah baru, yang mempernasalahkan permasalahan nyata, sesuai dengan tugas, ada proses mencoba dan menganalisis penggunaan metode baru, satu siklus minimal dua kali pertemuan. 

Jika laporan penelitian yang diajukan, dalam metode penelitiannya belum mengemukakan tahapan tindakan tiap siklus dan indikator keberhasilannya, pada laporan hasil dan pembahasan belum melaporkan data yang lengkap tiap siklus, perubahan yang terjadi pada peserta didik, guru atau kelas serta bahasan terhadap keseluruhan hasil penelitian serta lampiran belum lengkap. Jika seperti ini alasan penolakan yang ditulis oleh penilai pada lembar pemeriksaan publikasi ilmiah,  saran untuk penolakan seperti ini adalah  para sahabat harus membuat publikasi ilmiah yang baru atau memperbaiki laporan yang sudah ada, dengan memelrhatikan kerangka isi  laporan PTK. 

Adapun kerangka  laporan penelitian tindakan kelas yang ditentukan dalam buku ini sebagai berikut:

Bagian Awal: halaman judul, lembar persetujuan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan lampiran, serta abstrak atau ringkasan. 

Bagian Isi: terdiri dari bab pendahuluan ( latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan kemanfaatan hasil penelitian), bab kajian teori/tinjauan pustaka,  bab metode penelitian, bab hasil -hasil penelitian, diskusi hasil  dan bab simpulan, saran-saran. 

Bab Penunjang berisi sajian daftar Pustaka, dan lampiran-lampirannya yang selengkap-lengkapnya. (Instrumen yang digunakan, contoh hasil kerja peserta didik, contoh isian instrument, foto kegiatan, surat ijin penelitian, RPP setiap siklus dan dokumen penunjang keaslian penelitian tersebut. 

Sahabat, hendaknya mengikuti sistematika seperti yang dijelaskan dalam buku 5 seperti yang diuraikan di atas. Selanjutnya kita perhatikan lagi alasan penolakan dan saran berikutnya  dari penolakan laporan PTK sebagai berikut;

Dari segi isi, laporan PTK telah cukup baik namun beberapa lampiran  belum dilampirkan. Oleh karena itu para sahabat diminta memperbaiki lampiran dengan  melengkapi lampiran yang dimaksud. Adapun lampiran yang dimaksud adalah RPP semua siklus, semua instrumen yang  digunakan,  contoh hasil kerja peserta didik dan guru, surat ijin, foto kegiatan dengan penjelasannya, daftar hadir untuk  semua pertemuan, surat pernyataan dari kepala sekolah mengenai berita acara seminar dan lain-lain. 

Terakhir jika laporan PTK ditolak karena belum diseminarkan, maka segera lakukan seminar dengan memperhatikan ketentuannya seminar. Seminar dilakukan  minimal di sekolah/ KKG/MGMP dengan mengundang 3 sekolah. Jumlah peserta minimal 15 orang. Memenuhi segala kelengkapan seminar seperti surat keterangan dari kepala sekolah yang ditempati seminar/panitia seminar/ketua KKG/MGMP, berita acara seminar, daftar hadir, notulen seminar dan persyaratan lain sesuai dengan aturan. 

Para sahabat, sebelum mengajukan laporan penelitian tindakan kelas kepada penilai, sebaiknya menelaah dulu atau mengecek laporannya. Sudah sesuaikah dengan buku 5 agar PTK para sahabat bisa dinilai. 

Demikian para sahabat, alasan penolakan dan saran bagi para sahabat yang hendak dan sudah mengajukan dupak jagur. Semoga tulisan ini bermanfaat.  

Lombok, 26 April 2020


No comments:

Post a Comment

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...