Wednesday, January 18, 2023

Si Blog sebagai Media Pembelajaran

Oleh Nuraini

Resume ke-5

Narasumber : Dail Ma'ruf, M.Pd

Moderator   : Purbaniasta KS, S.Pd

Materi         : Blog sebagai Media Pembelajaran

Waktu         : Rabu, 18 Januari 2023

Salam literasi, untuk para sahabat literasi, bertemu kembali dalam kelas belajar menulis nusantara, gelombang ke-28. Tentu saya berharap, pertemuan dalam dunia tanpa sekat ini, melalui dunia maya ini akan menambah kecintaan kita pada dunia literasi. 

Terima kasih kepada narasumber, moderator dan semua sahabat literasi yang bergabung dalam kelas ini, penulis pemula maupun penulis andal yang tak pernah merasa tinggi dan tak pula merendahkan. Saling berkunjung, blogwalking dengan meninggalkan jejak berupa komentar yang menguatkan dan memotivasi. Tidak satu pun komentar yang negatif terekam dalam jejak yang ditinggalkan, itulah bukti bahwa kita saling mendukung. 

Blog sebagai media pembelajaran merupakan materi yang saya pandang penting untuk di bahas dalam kelas menulis. Ibarat kata," Gayung Bersambut." Bapak Dail Ma'ruf didaulat untuk menjadi narasumber untuk materi ini dan dimoderatori oleh Purbaniasta KS. S.Pd.

Pemaparan narasumber diawali dengan pengertian blog. Apa itu blog?

Kata,"Blog," berasal dari kata weblog yang diperkenalkan pertama oleh Jhon Barger tahun 1998. Barger memebri nama weblog untuk mengkhususkan istilah website yang bersifat pribadi dan sering diperbaharui dari waktu ke waktu. Blog itu sendiri bersifat personal, memuat opini dan hal-hal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarkan pada komunitas global.

Sahabat literasi, bagi sahabat yang sudah mempunyai blog jangan minder  apalagi putus asa. Saya sepakat dengan pernyataan narasumber. Untuk saling memotivasi, jika blog kita sepi pengunjung maka jangan berkecil hati. Banyaklah berkunjung ke blog teman, In Syaa Allah mereka akan balik berkunjung ke blog kita. 

Ingat pepatah mengatakan, "Man Jadda Wajada atau There Are A Want There Are A Way."

Untuk menjadi bloger terkenal seperti 5 bloger terkenal Indonesia, Herma Yudiona, Raditya Dika, Sugeng Riyadi, Carolina Ratri dan Dani Rachmat perlu proses. Lima bloger ini sudah meraih  gaji. Herman Yudiona menerima gaji 21 juta/bulan dan benefit lainnya. Kisah infiratifnya bisa dibaca di hermanyudiona.com. Demikian juga dengan 4 bloger Indonesia terkenal lainnya.

Bapak Dail, sebelum melanjutkan materi, beliau membakar semangat anggota komuntias untuk menjadi bloger dengan mencontohkan pada diri beliau yang telah menjadi kurator 10 buah buku. 

Jenis-jenis blog: blog pendidikan yang bisa ditulis oleh pelajar dan guru., blog sastra lebih dikenal sebagai litblog (leterary blog) yang berisi masalah yang berkaitan dengan dunia sastra dan blog pribadi disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, pusi atau syair, gagasan dan perbincangan teman., blog perjalanan yang isinya fokus pada perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan., Blog riset berisi persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru., Blog hukum berisi persolan tentang hukum atau urusan hukum disebut dengan blowgs ( Blog Laws)., Blog media berfokus  pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa. biasanya hanya untuk koran dan jaringan televisi.. Blog agama membahas masalah yang berkaitan dengan agama, transformatika, volume 12. Nomor 1. Maret 2016 ISSN 0854-8412124., Blog bisnis digunakan oleg pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.

Sahabat literasi, ternyata banyak sekali jenis blog. Masih ada jenis blog di samping yang sudah dituliskan di atas. Jenis blog lainnya yakni blog bertopik yang membahas sesuatu topik tertentu dan atau fokus pada bahasan tertentu., Blog kesehatan lebih spesifik tentang kesehatan. Kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru dan keterangan-keternagn tentang kesehatan., Blog politik berisi berita tentang politik, aktivitas dan semua persoalan berbasis blog.

Blog rupanya sama dengan media sosila lainnya seperti facebook, instagram, email, tiktok dan youtube..

Melihat jenis blog di atas, ternyata blog milik saya blog gado-gado seperti yang disampaikan narasumber. Saya mengisi blog suka-suka saya. Jika ada ide apa saja, saya tulis di blog. Jika mau menerbitkan menjadi sebuah buku, barulah saya memilah sesuai dengan temanya. 

Sahabat literasi,

Blog bisa kita gunakan untuk hal-hal positif dan manfaat di antaranya bagi guru bisa digunakan untuk media pembelajaran karena blog mempunyai beberapa manfaat. Manfaat blog bagi pendidikan:

  1. Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru. Artinya kreativitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog seperti kreativitas menulis.
  2. Blog dapat bmeringankan tugas dan beban guru dalam mengajar.  Segalanya bisa dimasukkan dalam blog sepeeti materi pelajaran, tugas  siswa dan informasi nilai siswa
  3. Blog dapat meningkatkan minat belajar siswa, transformatika  volume 12. Nomer : 1 Maret 2016. ISSN 0854-8412 125 menyatakan dengan blog seorang guru dapat memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yan disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Kemudian siswa blogwalking.
  4. Blog dapat diakses oleh siapa pun di belahan dunia
  5. Blog dapat menajdi media silaturrahmi.
Untuk mengelola blog , jangan baper jika yang membaca , yang komen dan yang  berkunjung sedikit. Rajinlah berkunjung ke blog teman.  Rajin kirim link tulisan dan luruskan niat untuk berbagi ilmu dan kemanfaatan. 

Cara merawat blog adalah dengan belajar dan terus belajar bagaiman blog yang terbaik. Sedangka cara mengelola blog agar banyak pengunjung adalah tulisan sesuaikan dengan musim atau moment,  buat judul menarik,  rajin kunjungi blog orang dan tinggalkan komentar.
Di samping itu cara membuat dan merwat blog agar cantik adalah dengan mencari tahu blog terbaik di Indonesia, amati, tiru dan modifikasi (ATM). cari tutorial cara kelola blog agar mempesona.

Sahabat literasi
Selamat merawat blognya, mari blogwalking ke blog para sahabat.

Lombok, 18 Januari 2023

10 comments:

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...