Friday, January 27, 2023

Solusi Jika Kesulitan Menulis

 Resume 9

Narasumber  : Prof.Dr. Ngainun Naim, M.H.I

Tema             : Menulis Itu Mudah

Maderator     : Lely Suryani, S.Pd.SD

Hari               : Jum'at, 27 Januari 2023


Sahabat literasi, 

Bertemu kembali pada resume ke 9, materi pelajaran kelas belajar menulis nusantara, gelombang ke 28. Resume ini semoga menarik bagi pembaca dan tentunya para sahabat literasi.

Moderator yang diberi amanah untuk mendampingi nrasumber hebat kali ini adalah Lely Suryani. Alumnus kelas belajar menulis sebelumya yang juga di bawah asuhan Dr. Wijaya Kusumah. Lely Suryani tim solid  yang digandeng Om Jay untuk memandu kegiatan dalam kelas belajar menulis nusantara  gelombang 28 ini. Di samping itu, karena komitmen dan konsistensinya dalam menulis, Ibu Lely Suryani dipercaya Om Jay untuk membuat buku biografi beliau dengan judul,"Lebih Dekat dengan Om Jay."

Narasumber hebat yang tentu akan memberikan boster semangat kepada peserta dan kepada pembaca resume ini untuk mempunyai nyali dalam menulis adalah Bapak Prof.Dr. Ngainun Naim, M.H.I

"Writing is Easy"  

Beliau tidak menjelaskan menulis itu mudah atau sulit, tetapi mengajak peserta untuk bisa menulis dengan cara menulis. Bisa menulis dengan cara menulis?  Maksudnya apa, ya?

Apa yang mau ditulis?

  • Tulislah hal-hal sederhana yang kita alami, seperti dicontohkan dalam tulisan beliau yang hanya terdiri dari beberapa paragraf tentang,"Cerita Sore di Bulan Ramadhan." Berisi tentang cerita sore bulan Ramadhan di kampung atau kediaman beliau. Pengalaman hidup kita sehari-hari merupakan sumber tulisan yang subur. Kita akan menulis lepas dan mudah karena kita sendiri yang mengalami. Tinggal pilih, mau kita tulis aspek yang mana dalam kehidupan kita. Jangan takut salah atau jangan takut tulisan kita jelek tetapi takutlah jika tidak menulis.
  • Jangan menulis sambil dibaca lalu diedit karena itu akan menjadi hambatan psikologis dalam menuangkan pikiran. Menulis ya, menulis saja. Tuangkan dalam tulisan apa yang ada dalam pikiran secara bebas.
  • Jika sudah habis yang mau ditulis, simpan dalam latop, pada saatnya nanti dibaca dan cermati kalimat demi kalimat. Tambahkan ide jika ada ide yang akan ditambah. Jika terjadi typo atau salah ketik segera perbaiki.
  • Sebelum diunggah ke blog, baca sekali atau dua kali untuk meminimalkan hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Menulis adalah jejak kita. 
Hal yang mudah ditulis menurut narasumber yang suka menulis hal yang ringan dan mudah ditulis seperti tentang perjalanan. Di samping itu, beliau juga menulis hal-hal yang berat untuk kepentingan akademik karena beliau seorang guru besar. 
Semua orang pasti melakukan perjalanan. Maka sangat mudah  kita menuliskan hal-hal yang kita alami dalam perjalanan karena kita sendiri yang mengalami.

Tips Menulis ala Prof.Dr. Ngainun Naim," Menulis Secara Ngemil----Sedikit Demi Sedikit."

Menulis setiap hari sedikit demi sedikit dengan beberapa jenis tulisan seperti: misalnya menulis untuk blog, menulis jurnal. Tidak harus banyak, 1-2 paragraf.

Sahabat literasi, dari paparan narasumber, akankah kita masih menganggap menulis itu sulit? Akankah kita punya nyali untuk menulis atau masihkah kita takut untuk menulis? Saya yakin sahabat literasi dan pembaca tidak seperti itu, bukan?

Sahabat literasi, 
Menurut Prof. Dr. Ngainun Naim:
  • Tidak perlu memaksa orang lain untuk mau menulis, tepi jadilah teladan mereka dengan mewajibkan diri menulis setiap hari, sehingga orang lain terinspirasi dan mengikuti kita. 
  • Kesulitan awal mulai menulis biasanya disebabkan karena faktor psiklogis, takut jelek, takut salah dan seterusnya. Pokoknya  ditulis saja. Kata salah seorang penulis cara untuk melawan kesulitan adalah melakukan.
  • Langkah awal agar menulis itu benar-benar mudah adalah dipaksa. Paksalah untuk menulis setiap hari.
  • Lawan terbesar penulis itu adalah diri sendiri. Kualitas tulisan akan meningkat seiring dengan banyaknya karya yang kita hasilkan. Belajar terus jangan berhenti mencari informasi, menonton You Tube, membaca, dan terus menulis.
  • Cara mengatasi hilangnya ide saat pola menulis yang kita gunakan denga cara cicil/nyicil tulisan adalah dengan membuat template  atau kerangka sederhana. Misalnya: Ketika ingin membuat tulisan tentang: Empat Hal yang mudah ditulis. Maka kerangka yang dibuat; Paragraf 1;Menulis itu mudah., 2; Menulis yang dialami.,Menulis perjalanan., dan seterusnya. 
  • Cara memunculkan ide agar bisa menulis dari sudut padnang yang berbeda adalah dengan banyak berlatih dan terus menulis setiap hari
  • Nikmati semua pekerjaan, kesibukan bukan hambatan untuk menulis. Kuncinya adalah komitmen yang dijalankan dengan riang gembira. Untuk bisa konsentrasi harus latihan, harus fokus. Stop gannguan seperti handphoe.
  • Membaca itu amunisi menulis. Banyak membaca membuat imajinasi kita kaya. Pilihan kosa kata bervariasi. Data biasa bisa diolah menjadi luar biasa. Rajin berlatih, awalnya biasa menjadi luar biasa.
Jangan khawatir, menulis dengan cara menyicil sangat bisa dibuat menjadi sebuah buku. Tulisan demi tulisan itu dikumpulkan . Buatkan judul, kata pengantar, daftar isi dan biodata penulis. Maka jadilah sebuah buku seperti buku hasil karya narasumber juga banyak berasal dari kumpulan tulisan beliau setiap hari.

Sahabat literasi,
Sebelum kelas belajar ini, saya ikut dalam komunitas menulis yakni rumah virus literasi. Bapak Prof. Dr. Ngainun Naim, ada  dalam komunitas tersebut. Saya g blogwalking ke blog beliau https://www.spirit-literasi.id/. Salah satu isi tulisan beliau adalah ada empat tahapan malu dalam menulis
  • Pertama, malu menulis sehingga seseorang tidak memulai menulis
  • Kedua, Menulis tapi malu tulisan dibaca orang sehingga tulisan berdiam diri di latop
  • Ketiga, Menulis tanpa rasa malu. Ya menulis saja, lalu dipublish
  • Keempat, Malu jika tidak menulis. Jika tidak menulis merasa berhutang saja.
Pada tahapan yang ke berapakah keberadaan kita? Bukakah menulis itu mudah?
 

Lombok, 27 Januari 2023


 

11 comments:

  1. Resumenya lengkap bunda, luar biasa ๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  2. Siippp....lengkap...sy tak niru....jaya

    ReplyDelete
  3. resumenya keren mantap๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  4. Kejar kejaran, tidak dibaca sekali atau dua kali, yerjadi typo di mana mana, tapi langsung saja publish...

    ReplyDelete
  5. Kalau ada typo, edit aja lg trus publish. Yg pasti ini tulisannya menarik dan informatif. keren bun

    ReplyDelete
  6. Mantap Bu.

    Silakan berkunjung

    https://rambawani-menujucinta-nya.blogspot.com/2023/01/mari-menulis-manis.html

    ReplyDelete
  7. Manteeep jadi masukan utk pemula

    ReplyDelete
  8. Mantap bunda sayang. Makasih sudah berbagi ilmu.

    ReplyDelete

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...