Tuesday, January 31, 2023

Belajar Menulis Fiksi

 

Resume ke-10

Narasumber : Sudono, S.Pt

Moderator: Bambnag Purwanto, S.Kom.Gr

Tema        : Kiat Menulis Cerita Fiksi

KBMN Gelombang 28

Hari: Senin, 30 Januari 2023

Alhamdulillah....

Sahabat literasi, semoga selalu sehat dan berkenan membaca setiap resume yang saya tulis Pertemuan melalui dunia maya pada kelas belajar menulis nusantara, hari ini menghadirkan narasumber hebat. Seorang guru penggerak dari kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Narasumber hebat ini, namanya sangat familiar di telinga saya karena saya bertugas satu kabupaten dengan beliau bahkan sangat dekat yakni tentangga kecamatan. 

Bapak Sudomo, S.Pt biasa dipanggil Mazmo akan didampingi oleh Bapak Bambang Purwanto, S.Kom.Gr selaku moderator. Untuk mengetahui lebih lengkap profil narasumber, pembaca bisa membuka link: https://s.id/ProfilsudomoSPt.

Sebagai guru penggerak, beliau mempunyai metode sendiri untuk membersamai atau menyampaikan materi pada peserta malam ini. Metode. strategi atau cara yang digunakan tidak terlepas dari guru penggerak, sekolah penggerak dan kuriklum merdeka. Beliau berbagi dengan menggunakan alur MERDEKA. 

  • Mulai dari diri
  • Ekplorasi konsep
  • Ruang Kolaborasi
  • Demonstrasi Konsep
  • Elaborasi Pemahaman
  • Koneksi Antar Materi
  • Aksi Nyata....

  1. Mulai dari diri: Setiap peserta diberikan kesempatan untukberbagi pengalaman  dalam menulis fiksi. Baik yang sudah pernah menulis, yang sudah menulis namun belum selesai, maupun yang belum pernah menulis.  Beliau memberikan nomor hanphone yang akan menjadi tujuan pengiriman penggalan fiksi yang sudah dibuat, tantangan atau kesulitan yang dihadapi ketika menulis fiksi termasuk pengalaman peserta yang sudah berhasil menerbitkan tulisan genre fiksi. Jumlah peserta kelas yang banyak dengan beragam pengalaman terkait tulisan jenis fiksi membuat beragam komentar masuk ke nomor hanphone yang disipakan dan dilanjutkan ke grup KBMN. Semacam curahan hati tentang pengalaman ketika sekolah dasar, keinginan menulis fiksi tapi tidak selesai-selesai, menulis fiksi itu sulit dan lain-lain.
  2. Eksplorasi Konsep.Untuk alur ini, pak Mazmo memberikan materi pada link https://s.id/MateriSudono. Sedikit tentang isi link ini, suapay pembaca tidak penasaran, saya sudah membuka link ini. Isinya alah contoh fiksi yang di dalamnya ada materi tentang mengapa harus menulis fiksi, bentuk-bentuk cerita fiksi, unsur-unsur pembangun cerita fiksi dan tips menulis cerita fiksi. 
  3. Ruang Kolaborasi: Pada alur ini, beliau menyajikan kalimat yang akan dilanjutkan oleh peserta menjadi satu paragraf.  "Perlahan suara-suara itu menghilang. Dalam gulita aku menggigil sendirian. Mendadak bulu kudukku meremang. Terdengar suara dari kejauhan, Semakin lama kian mendekat."  Peserta diminta melanjutkan kalimat itu. Tentu saja masing-masing melanjutkan sesuai dengan keinginannya. Sehingga beragam pula kalimat lanjutan dari kalimat yang dituliskan narasumber
  4. Demonstrasi: Pada alur ini peserta ditugaskan menulis 5 tema yang paling disukai untuk ditulis menjadi cerita fiksi. Boleh tulis  hanphone atau di mana saja.
  5. Elaborasi Pemahaman. Alur ini, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya jawab terkait materi yang belum dipahami atau yang mau diperdalam. Pertanyaan boleh dilayangkan ke nomor 088809405468
  6. Koneksi antar materi. Pada alur koneksi antar materi, peserta dipersilahkan untuk menulis kesimpulan dari materi dalam blog masing-masing.
  7. Aksi Nyata: Penerapan dari materi yang sudah dipelajari dan membuat resume tentang materi ini. 
Tambahan dari Bapak narasumber tentang materi ini:
  1. Fiksimini yaitu fiksi singkat yang hanya terdiri dari beberapa kata saja. 
  2. Flash Fiction yaitu cerita kilat dengan kekhususan jumlah kata. Biasanya mengandung plot twist
  3. Premis adalah ringkasan cerita dalam satu kalimat. Misalnya premis ceritaHarry Potter adalah seorang anak yang berjuang melawan penyihir jahat demi kedamaian.
Agar bisa menulis fiksi, buatah outline terlebih dahulu:
  • Tentukan kerangka (Unsur pembangun cerita)
  • Tentukan tema (ruang lingkup cerita)
  • Buat Presmis
  • Tentukan plot (Jenis alur, awal konflik, konflik/klimak dan ending)
  • Tentukan tokoh dan watak
  • Tentukan latar
  • Pilih sudut pandang penceritaan
Jika ingin fiksinya menarik, maka perlu diperhatikan:
  • Tempatkan diri sebagai penulis, jangan terbawa cerita
  • Penjelasan langkah demi langkah dan gaya bahasa
  • Tambahkan bumbu, konflik dan ending yang menyenangkan.

"Malam semakin larut, tubuhku sudah terasa melemah. Mataku sudah tak mau bersahabat lagi denganku. Jemariku yang lincah di atas keyboard lattopku menjadi ikut-ikutan tak mau menuruti kata hatiku. Jemariku tidak lincah lagi. Ia seakan tak mengenal aksara lagi. Selalu salah, selalu salah sehingga terjadi typo. Kepalaku mengangguk-angguk bukan karena mengerti akan ketidakbersahabatan mataku dan jariku. Aku terkulai di atas bantal. Plukkk.......aku tertidur pulas, membiarkan lattopku diangkat oleh anak gadisku".

Lombok, 30 Januari 2023

 

8 comments:

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...