Thursday, March 23, 2023

Berprestasi Lewat Tulisan

 Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) Gelombang 28

Resume  21

Jumat,  24 Februari 2023

Tema: Melejitkan Prestasi dengan Menulis

Nara Sumber: Rita Wati, S.KOM

Moderator: Helwiyah, S.Pd.,M.M

Jumat, 24 Februari 2023

Benarkah tulisan mampu menghantarkan seseorang untuk berprestasi? Menulis yang bagaimana yang mampu menghantarkan seseorang menggapai prestasi. Apa bentuk prestasi yang bisa diraih dengan menulis karena semua orang bisa menulis, bukan? Anak-kelas satu sekolah dasar juga bisa menulis. Pertanyaan ini muncul manakala seseorang belum merasakan manfaat dari menulis. 

Menurut saya, prestasi tidak hanya berupa juara lomba. Sebut saja seorang guru yang bisa memenuhi angka kredit jabatan guru untuk kenaikan pangkat diperoleh dari menulis. Tulisan ynag dibuat guru seperti karya tulis ilmah. Meskipun tidak berlomba dan mendapatkan juara atau hadiah, tetapi ini adalah  sebuah prestasi.

Ibu Helwiyah, S.Pd.,M.M, akan mendampingi narasumber untuk membersamai peserta KBMN untuk memberikan pemaparan tentang bagaimana melulis bisa melejitkan prestasi seseorang.  Narasumber, Ibu Rita Wati, S.Kom mengajak kita untuk mengenal beliau lebih jauh dengan cara blogwalking ke alamat blog belau yakni https://www.cikgurita.com/2022/06/about-me.html?m=1

Supaya pembaca tidak penasaran sebelum blogwalking, Ibu Rita Wati adalah  seorang guru berprestasi, penulis, blogger, youtuber, narasumber nasional pula. Saat ini sedanng  menempuh S2 Magister Teknik Informatika di Universitas AMIKOM Yogyakarta. Beliau mengajar di SMP Negeri 2 Mendoyo

Prestasi narasumber dari kegiatan menulis dan mengembangkan blog. Ada 25 buku yang sudah berhasil diterbitkan dan 25 tutorial pe,belajaran daring dan luring. Berhasil menerbitkan buku pada pnerbait Andi bersama Prof. Richardus Eko Indrajit berjudul Knowledge Management (Mengintegrasikan Digital Tools dalam Rencana Pembelajaran). Penerbait Andi adalah salah satu penerbit mayor. 

Akun youtube milik Bu Rita adalah https://www.youtube.com/watch?v=gPL8PasXB_I&t=66s

Melanjutkan study atau kuliah tidak membuat kegiatan menulis terhenti , karena menulis telah memberikan kesempatan pada beliau untuk sharing pengalaman tentang menulis, blog, guru inspiratif dan tutorial.

Bagaimana cara melejitkan prestasi dengan menulis?

Bagaimana cara fokus menulis hingga berprestasi?

Melejitkan prestasi lewat tulisan tentu dengan  dengan mengikuti kompetisi lomba blog, essai, karya ilmiah, cerpen, puisi dan lain-lain jenis lombanya. Untuk bisa fokus dalam menulis maka harus rajin research tentang tema yang dilombakan.  

Berikutnya adalah beberapa tautan pribadi milik Bu Rita yang dapat diakses, didalamnya tentu saja memuat berbagai ilmu kepenulisan dan seluk beluk blog.

  • www.ritapinang.my.id
  • www.cikgurita.com
  • www.catatangurumilenial.wordpress.com
  • www.kompasiana.com/ritapinang
  • https://www.youtube.com/watch?v=gPL8PasXB_I&t=66s

 

Selamat menulis dan semangat mengikuti lomba.

 

No comments:

Post a Comment

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...