Friday, March 24, 2023

Majalah Suara Guru menjadi Solusi Mengirim Tulisan

 Kelas Belajar Menulis Nusantara  (KBMN) PGRI Gelombang 28

Resume ke              : 22 

Tema                       : Mengirimkan Tulisan Ke Majalah Suara Guru 

Narasumber            : Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd. 

Moderator               : Sim Chung Wel, S.P.

Salah satu unsur dalam penilaian angka kredit jabatan guru adalah publikasi ilmiah. Banyak ragam publikasi ilmiah yang bisa diusulkan untuk menjadi bahan usul penilaian angka kredit seperti penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian tindakan sekolah (PTS), jurnal, buku, modul ajar, pedoman guru, best practices dan artikel.

Dari sekian banyak jenis publikasi ilimiah yang bisa digunakan sebagai  bahan usul  penilaian angka kredit,  kebanyakan guru menggunakan penelitian tindakan kelas. Dalam satu periode pengusulan misalnya dari golongan IIId ke  golongan IVa, jenis publikasi ilmiah yang digunakan hanya penelitian tindakan kelas sejumlah 3 penelitian. Demikian juga guru yang mengusulkan angka kredit mulai dari golongan IIIb ke IIIc dan seterusnya. Andaikan saja penelitian itu bisa mereka ubah menjadi artikel, jurnal atau menjadi buku, maka publikasi ilmiah yang digunakan pada usul penilaian angka kredit jabatan guru menjadi beragam. 

Kesulitannya di mana? 

Apakah kesulitan menemukan penerbit yang akan menerbitkan artikelnya? 

Berikut pemaparan narasumber tentang pengiriman tulisan ke sebuah majalah. Narasumber yang keseharian bertugas sebagai guru di SMPN 1 Kemang. Di samping tugasnya sebagai guru, narasumber yang akan membantu menjawab kesulitan guru mengirim tulisan ini bertugas sebagai Ketua Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakata di Pengurus Besar PGRI dan juga sebagai redaktur pelaksana majalah suara guru PB-PGRI. 

Beliau adalah Bapak Catur Nurrahman Octavian, M.Pd,  yang berhasil menelurkan 20  buku membuktikan beliau juga seorang penulis.   Berdampingan dengan  Koko Sim Chung Wel, S.P sebagai moderator membersamai peserta kelas belajar menulis nusantara (KBMN) pertemuan ke-22.

Tentang majalah suara guru,

Majalah suara guru terbit sejak 1966. Izin terbitnya dikeluarkan oleh Departemen Penerangan melalui SKP.Deppen No.109&SK-PDHM-STT-66 tanggal 18 Februari 1966. Gedung Redaksi di Gedung Guru Indonesia, Jl. Tanah Abang III/24 Jakarta Pusat. 

Majalah Suara Guru adalah majalah organisasi terbit dua bulanan di seluruh Indonesia. Majalah ini merupakan majalah nasional maka menyampaikan informasi kebijakan-kebijakan pendidikan atau tata kelola guru yang sifatnya nasional. Majalah Suara Guru ini full colour dan 76 halaman. 

Majalah Suara Guru ada ruang berekspresi literasi, yakni kolom opini yang diisi dari pihak guru-guru, rubrik sastra, rubrik destinasi, dan rubrik sejarah.

 Syarat untuk mengisi opini yakni : 

  • Tulisan harus asli, tidak boleh plagiat;
  • Tidak ada unsur SARA, tidak boleh menyerang pribadi seseorang;
  • Tulisan bersifat aktual sesuai tema pendidkan;
  • Ditulis dalam bahasa populer, lugas, dan enak dibaca;
  • Ditulis maksimum 700-800 kata, di kertas A4, spasi 1,5 dan jenis tulisan times new  roman.
  • Tulisan di luar opini maksimum 400 kata.;

Di samping opini, majalah suara guru juga menyediakan ruang rubrik praktik terbaik (best practice), rubrik liputan sekolah dari PAUD sampai Perguruan Tinggi. 

  • Rubrik mraktik baik, terbuka bagi guru PNS maupun Non-PNS termasuk guru madin untuk berbagi hasil praktik baik sejumlah 400-500 kata.
  • Rubrik untuk memperkenalkan sekolah adalah rubrik liputan sekolah dan rubrik liputan perguruan tinggi.
  • Rubrik percik dan oase berisi tentang tulisan inspirasi kehidupan. 

Jika ingin tulisan dimuat di majalah suara guru, maka tulisan bisa dikirim melalui email suara guru yakni: majalah.suaraguru@gmail.com

Jika ingin mendapatkan majalah suara guru untuk dibaca-baca dan ingin mengetahui tentang majalah suara guru, kita bisa membeli dengan narahubung Bu Widya, nomor kontak 0878-8228-9299

Bertahannya majalah suara guru  adalah berkat adanya pelanggan dari para guru dan kontribusi para guru yang mengisi rubrik-rubrik yang disediakan. Karena dunia literasi adalah tanggung jawab kita sebagai guru, dosen, dan semua pendidik.

 

Salam Literasi. 

 

 

 


No comments:

Post a Comment

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...