Wednesday, July 29, 2020

Kisah Inspiratif Seorang Guru Desa, Dra. Lilis Ika Herpianti Sutikno, SH

Oleh Nuraini Ahwan

"Ikatlah ilmu dengan tulisan." begitulah yang berusaha dilakukan setiap selesai mengikuti  suatu kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan atau wawasan. Ditambah lagi dengan sentuhan kalimat motivasi yang selalu disampaikan oleh Bapak  bloger Indonesia (Wijaya Kusumah yang biasa dipanggil Om Jay)."Menulislah setiap hari, lihatlah apa yang terjadi."

Sahabat literasi dan guru hebat, 
Saya mengajak para sahabat untuk menyimak paparan yang berhasil saya tulis  setelah mengikuti kegiatan belajar menulis bersama Om Jay. Narasumber yang dihadirkan oleh Om Jay adalah seorang super mom, Ibu Lilis Ika Herpianti, Guru Inspiratif dari Nusa Tenggara Timur. 

Selama pemaparan sampai pada sesi tanya jawab, peserta ditemani oleh Bapak  Bambang P, biasa dipanggil Mr. Bams, yang memoderatori kegiatan belajar menulis kali ini. 

Tak kenal maka tak sayang, begitu pepatah mengatakan. Oleh karena ini baiknya kita  melihat CV  narasumber kita kali ini. Ibu Lilis Ika Herpianti Sutikno, dilahirkan di Surabaya , 51 tahun yang lalu. Saat ini beliau bertugas di SMP Negeri 2 Nekamese. Tinggal di Kupang. 
Menghubungi atau bersilaturahmi melalui email beliau, "ibugurucantik@yahoo.co.id"

Ibu Lilis, adalah penulis buku best seller"Guru adalah Inspirasi." Saat ini berbagai jenis tulisan  sedang dirampungkan. Buku antologi puisi sekaligus menjadi editor buku antologi tersebut dan beberapa buku yang lain.  Beliau juga bergabung bersama Om Jay.

"Langkah seribu dimulai dari langkah pertama" ini materi yang disampaikan ibu Lilis dalam paparannya. Memuat materi tentang jenis-jenis tulisan yakni Prosa dan Puisi.
Prosa adalah tulisan bebas yang terdiri dari fiksidan non fiksi. Fiksi merupakan tulisan yang berdasarkan daya khayal penulisnya sedangkan prosa non fiksi merupakan tulisan berdasarkan fakta.

Fiksi terdiri dari roman, novel dan cerpen sedangkan non fiksi terdiri dari tulisan tentang cerita pengalaman (kisah inspiratif), buku pelajaran dan lain-lain.

Puisi merupakan suatu karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan hati penyair. Karya sastra puisi merupakan ungkapan perasaan penyair dengan bahasa yang indah dimana di dalamnya mengandung makna, irama, rima, matra dan bait. Puisi juga bisa menginspirasi seseorang untuk berubah menjadi lebih baik

Cara mencari dan mendapatkan inspirasi  dalam menulis:
  1. Postingan teman-teman ngeblog. Bloger amatir hampir tak peduli dengan pembaca. Mereka menulis sesuka hati. Tulisan mereka terkadang benar-benar alami dan jenius. Oleh karena itu jadi bloger harus rajin blogwalkingagar tidak kehabisa inspirasi
  2. Baca buku penulis populer agar menemukan: kata-kata jenius, yang akan dicantumkan  dalam blog atau bisa menemukan gambaran baru dalam berkreasi, menemukan paragraf yang bagus, kata yang keren, dan bagian yang selalu dinanti dalam sebuah buku  untuk dijadikan inspirasi yang baik.
  3. Pengalaman selama seharian. Pilah dan pilih pengalaman yang paling menarik selama seharian penuh untuk ditulis. Bisa dilakukan malam hari atau pagi hari ketika pikiran masih fres. Tidak ada ide buruk asalkan disajikan dengan baik. Ini akan melatih kepekaan kita untuk menulis kehidupan sehari-hari.
  4. Buka tabungan ide anda. Penulis harus punya tabungan ide. Tabungan ide digunakan ketika keadaan benar-benar terdesak dan deadline sudah hampir tiba.  Tabung ide secara konsisten setiap hari. Tabungan ide jangan diobral di sosial media dan diblog sekalipun. Ide sebagai sebuah tabungan jadi harus dirahasiakan sebagaimana tabungan  yang sebenarnya, Disamping itu, ide juga mahal.
  5. Menulis bebas. Menulis bebas menurut Jeff Goins adalah menulis tanpa mengkhawatirkan editingatau tanda baca atau apapun yang membuat kita lepas dan benar-benar  menulis. Artinya kita menulis apapun  yang ada di pikiran kita secara bebas tanpa aturan. Dalam menulis bebas inilah kita dapat menemukan inspirasi sehingga dapat menginspirasi diri sendiri. Pada akhirnya kita bisa menemukan ide terbaik yang bersembunyi dalam pikiran kita.
  6. Baca postingan lama kita. Membaca konten lama, temukan kekurangan-kekurangan atau informasi yang belum komplit, Tugas kita adalah menulis postingan baru untuk melengkapi postingan lamayang sudah ada sehingga blog kita menjadi lebih lengkap lagi.
  7. Tutup pintu anda. Menulis kasar dengan pintu tertutup dan kemudian merevisi dengan pintu terbuka (Stephen King dalan On Writing). Artinya melupakan papaun hal negatif yang mungkin dipikirkan orang lain ketika menyelesaikan draf pertama agar bisa fokus dan optimis dengan masa depan tulisan kita. 
  8. Dengarkan pembaca anda. Mendengarkan komentar teman di blog, atau Fb sangat berguna  untuk memicu tulisan berikutnya ketika kita tidak sedang terinspirasi.
  9. Pastikan kita bahagia. Jika menulis dalam keadaan tidak bahagia, maka kualitas tulisan bisa berantakan.Temukan passion kita, kuasai topik dan berbahagialah ketika sedang menulis hatta itu tulisan sedih.

Apa kata  Ibu Lilis Ika Herpianti Sutikno ?
  1. Menulis dipandang sesuatu yang berat, Oleh karena itu berikan guru, gambaran bahwa menulis itu mudah. Lalu cari penerbit yang murah.
  2. Motivasi menulis " Rasa ingin hidup tak akan mati," sebab penulis itu tidak akan pernah mati. Suatu saat jika meninggal  maka rekam jejak masih terus ada.
  3. Meskipun tempat tugas  di daerah tertinggal sekalipun, niatkan semua pekerjaan kita di dunia untuk ibadah kepada Allah SWT semata dan mengharap ridha Allah SWT semata dan sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.
  4. Ketika kehilangan motivasi dan semangat,  maka  perbanyak zikir, dan diamlah. 
  5. Ketika menulis, jangan  dihantui perasaan takut salah, menulis saja dengan penuhrasa percaya diri, tulis lagi, terus menulis, lagi, dan lagi, nulis lagi sampai banyak. Lalu simpan editnya jangan langsung ketika selesai menulis, besok saja. Berdoa ketika akan memulai mengedit. Menulislah dengan hati pasti sampai ke pembaca dan diterima dengan hati juga.
  6. Dalam bekerja  yang menjadi tauladan kita adalah Rasusullah. Sebaik-baik tauladan  adalah Rasullulah SAW.

Kalimat motivasi dari Ibu Lilis Ika Herpianti Sutikno:
  1. Apapun yang Allah SWT berikan kepad kita,  syukuri dan nnikmatiitu sebagai anugrah terindah dari Allah untuk kita. Lalu lukiskan keadaan apapun dalam goresan pena kita. Suatu saat goresan pena itu akan membekas pada sanubari dan menjadi sejarah indah bagi kita.
  2. Langkah seribu diawali dari langkah pertama. Makna kalimat ini menurut saya adalah kita tidak akan bisa mencapai langkah seribu jika kita tidak mengawali dengan langkah pertama. Ini artinya memulailah. 
  3. Menulis semudah ceplok telur, maka menulislah
  4. Menulis adalah luapan rasa cinta yang tak sampai maka menulislah agar cinta itu tersampaikan dengan baik melalui tulisan.
Berikut rekam jejak super mom "Lilis Ika Herpianti Sutikno;

Dra. Lilis Ika Herpianti Sutikno, SH Beliau adalah seorang guru yang sangat inspiratif dari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lahir di Surabaya, 51 tahun yang lalu 
Beliau juga dikenal sebagai penggerak pemberantasan Buta Aksara bagi kaum ibu dan anak-anak di NTT dan seabrek aktifitas sosial dan literasi lainnya di samping tugas utama beliau sebagai aparatur Sipil Negara (ASN)

Walaupun, banyak rintangan dan tantangan yang membentang di hadapannya, tak mampu menyurutkan langkah kakinya untuk terus mencerdaskan anak bangsa.

Salah satu yang paling menarik dari kisah ibu Lilis Sutikno adalah beliau ternyata menyebarkan tulisan lewat media Facebook. Sesuatu yang tidak disangka-sangka memang. Namun, beliau guru yang kreatif dapat memanfaatkannya untuk melukiskan betapa beratnya perjuangan beliau bersama-sama guru yang ada di kabupaten Nusa Tenggara Timur.

Ini merupakan sesuatu yang sangat patut untuk ditiru oleh para penulis. Hampir setiap hari beliau  menulis status di FB. Demikian juga dengan kita. Terkadang isinya bermanfaat pun terkadang  tak bernilai manfaat, Tulisan yang bermanfaat tentunya akan bernilai bagi orang banyak. Tulisan tentang kegiatan sehari-hari yang kita  alami. Sehingga bisa menginspirasi orang lain juga.

Kumpulan tulisan di FB ,  bisa dijadikan  bahan untuk sebuah buku. Dengan kita menuliskannya di FB, maka secara tidak langsung kita sudah mengarsipkan tulisan kita di tempat yang lebih aman.
Karena bila disimpan dalam hp atau laptop saja, tentu akan sangat beresiko bila hp atau laptop tersebut tiba-tiba rusak atau terserang virus misalnya, apalagi kalau sempat hilang. Tentu saja semua tulisan tersebut juga akan hilang dan lenyap begitu saja.

Sebagai seorang guru, sudah sepatutnya kita menjadi guru yang gigih, inspiratif dan tetap bersemangat dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Kita harus ikut berperan aktif dalam meningkatkan mutu pribadi dan komunitas kita dengan memanfaatkan berbagai media online maupun offline yang ada. Baik dengan menjadi seorang blogger, youtuber, facebooker aktif dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat.

Jadikan hambatan dan rintangan sebagai pemacu semangat untuk terus berkarya sesuai dengan perkembangan dunia informasi dan teknologi yang ada.

Lombok, 29 Juli 2020
Email Peresume. ahwan.nuraini69@gmail.com

6 comments:

  1. Masya Allah bu, ini resumenya lengkap, rapi dan luar biasa. Saya jadi malu melihat tulisan saya.🙈😊🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjutkan...ibu lilis bilang menulislah, buang prasangka, langkah seribu diawalli dari langkah pertama. Ini kita sudah melangkah lumayan jauh....lanjutkan. semangat....

      Delete
    2. Lanjutkan...ibu lilis bilang menulislah, buang prasangka, langkah seribu diawalli dari langkah pertama. Ini kita sudah melangkah lumayan jauh....lanjutkan. semangat....

      Delete
  2. Keren Bu resumenya, semangat terus menulis

    ReplyDelete
  3. Awali doa dalam hati, menulislah dari hati maka tulisan akan masuk dalam hati pembaca....semangat menulis bu Nuraini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Porok porok bu....daripada baca status yg hi hi hi

      Delete

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...