Sunday, January 8, 2023

Kelas Belajar Menulis Nusantara

Oleh Nuraini Ahwan.

Saat ini komunitas menulis melalui dunia maya semakin semarak. Berawal dari mewabahnya corona virus disease 19, membuat banyak orang  memanfaatkan dunia maya atau dunila online untuk banyak kepentingan. Kepentingan yang saya maksud adalah kepentingan pertemuan atau rapat, pelatihan, bisnis, atau kepentingan lainnya termasuk kepentingan meningkatkan kemampuan dalam menulis.

Tahun 2023, corona virus disesae 19 ini tidak lagi ramai terdengar. Mungkin virus ini telah berlalu, namun pemanfaatan dunia maya tidak ditinggalkan. Bahkan kemampuan dalam bidang ini dimanfaatan untuk menunjang keperluan, kebutuhan dan peningkatan kemapuan diri.

Kelas Belajar Menulis Nusantara sebagai salah satu contohnya. Kelas ini merupakan kelas menulis PGRI angkatan 28. Kelas ini digagas oleh Bapak DR Wijaya Kusumah yang akrab dengan panggilan Om Jay. Beliau memimpin beberapa komunitas menulis dalam beberapa angkatan. 

Kelas Belajar Menulis Nusantara  yang disingkat KBMN ini, resmi dibuka secara online melalui zoom metting , Sabtu, 7 Januari 2023 pukul 19.00 Wita sampai selesai.

Pembukaan

Openjng cemony dikuti oleh angota yang tergabung dalam whatsaap grup KBMN gelombang 28 secara online. Anĝgota yang jumlahnya sampai ribuan dari seluruh nusantara tidak semua bisa masuk di ruanh zoom. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Bisa karena terpental dari ruang zoom, atau mungkin faktor cuaca seperti hujan dan angin sehingga kekuatan signal terganggu. Mengantisipasi hal ini, panitia memberikan kesempatan peserta mengikuti melalui youtube. 

Pada open ceremony, panitia menyiapkan narasumber hebat dan luar biasa. Pengalaman dalam  dunia kepenulisan dan penerbitan juga luar biasa termasuk pengalaman memotivasi peserta.

Opening ceremony ini, tidak bisa saya ikuti secara penuh, namun sepintas saya bisa menuliskan sedikit pemaparan dari Mr.Bram.

Pemaparan tentang  pemenuhan persyaratan untuk bisa menerbitkan buku solo yakni 30 resume. Resume ini bisa dari hasil pemaparan narasumber 3 kali dalam seminggu selama 2,5 bulan.  Tulisan bisa berupa resume atau tulisan lain. Ini memberikan kemudahan kepada anggota termasuk saya. Banyak kemudahan yang diberikan oleh KBMN sehingga saya pandang hal ini merupakan motivasi tersendiri bagi anggota.

Harapan KBMN mampu menghantarkan anggota menelurkan mahkotanya sebagai penulis yakni buku. Baik penulis yang sudah malang melintang di dunia kepulisan maupun bagi penulis pemula.


Semoga KBMN mampu membumikan literasi baca tulis di negeri ini. 

Lombok, 8 Januari 2023

8 comments:

  1. Semangat Kakak Bunda... ternyata dulu sudah lulus kbmn gelombang 2 ya bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gih, sudah ikut, tinggal kelas dan remidi he he, bisa lulus juga akhirnya. Lahir mahkota berupa buku. Alhmadulillah.....semangat tua....

      Delete
  2. Luar biasa Bu kepale

    ReplyDelete
  3. Wah dan resumenya keren Bun..
    https://ragungps.blogspot.com/2023/01/flyer-2-judul-menulis-dengan-gairah.html

    ReplyDelete

Forum Pemangku Kepentingan ( Sekolah Penggerak Angkatan 2)

 Oleh Nuraini Ahwan.  Da lam rangka mendorong dan mempercepat terjadinya transformasi satuan pendidikan dan terciptanya ekosistem pendukung ...